Go

Kapan Sebaiknya Mengajari Bahasa Inggris Kepada Anak?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 8th at 1:48pm
Share :


Hal yang perlu sahabat ketahui adalah ada perbedaan antara pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa. Pada saat masih kecil kita mengalami proses pemerolehan bahasa, itulah kenapa sahabat bisa berbahasa seperti bahasa Jawa, Sunda, dan bahasa daerah lainya tanpa diajari secara khusus. Kenapa? Karena pada masa kecil hal yang terjadi adalah proses pemerolehan bahasa. Jadi sekarang tahu kan mengapa sahabat bisa berbahasa Indonesia padahal tidak pernah diajari berbahasa Indonesia di rumah? Itu karena sahabat masih mengalami proses pemerolehan bahasa saat masih kecil. Dan itu dilakukan secara tidak sadar melalui proses belajar-mengajar di sekolah.

Hal yang kedua adalah proses pembelajaran bahasa. Proses pembelajaran bahasa diperoleh melalui pengajaran. Saat umur SMP yaitu kisaran 11-12 kita sudah memasuki umur proses pembelajaran bahasa dimana bahasa baru yang diperoleh dilakukan dengan cara menghapal dan dilakukan secara sadar. Berbeda dengan proses pemerolehan bahasa yang diperoleh tanpa sadar oleh kita, pada proses pembelajaran bahasa, kita memperoleh bahasa dari hasil kita belajar secara sadar bahwa kita sedang belajar bahasa tersebut.

Jadi, pilihanya tergantung sahabat ya, apakah akan mengajari anak-anak melalui proses pemerolehan bahasa atau proses pembelajaran bahasa. Semua ada kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Kelebihan mengajari anak saat proses pembelajaran bahasa adalah lebih cepat menguasai, namun efek sampingnya adalah penguasaan bahasa Ibu bisa terganggu, sebut saja penutur bahasa Jawa yang bisa berbahasa Indonesia dan jawa, maka umumnya tidak bisa berbahasa bahasa Jawa yang halus karena terpotong porsi menguasai bahasa Indonesia.


Kelebihan mengajarkan anak-anak pada proses pembelajaran bahasa adalah anak-anak bisa menguasai bahasa Ibu dengan baik. Sehingga umumnya tidak mempengaruhi penguasaan bahasa Ibu, hanya saja kelemahanya adalah pada pelafalan bahasa Inggris terpengaruh bahasa Ibu. Hal itu disebabkan adanya interferensi bahasa Ibu ke dalam bahasa Inggris, misalnya menggunakan kalimat bahasa Inggris dengan nada bahasa Jawa, atau bunyi-bunyi tertentu pada bahasa Inggris tidak bisa diucapkan dengan baik, karena bunyi tersebut tidak ada pada bahasa Ibu.

Artikel Lainnya

Kesalahan Pelafalan yang Sering Terjadi Around Us (Jilid 2)
About dan Sinonimnya dalam bahasa Inggris
50 Kesalahan Berbahasa Inggris dan Cara Membenarkannya
Adverb
Mengenal Kolokasi dalam Bahasa
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi