Go

Tenses Apa yang Paling Sering Digunakan dalam Karya Ilmiah?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 21st at 3:36am
Share :

Istilah tenses dalam kaitannya dengan tata bahasa dalam Bahasa Inggris dapat didefinisikan sebagai sebuah kategori gramatikal yang menentukan waktu sebuah kejadian atau situasi, dan waktu tersebut dapat merujuk pada masa lalu (past), masa sekarang (present) dan masa depan (future). Hal ini berbeda dengan struktr gramatikal Bahasa Indonesia yang tidak menggunakan tenses dalam menyusun kalimat, melainkan menggunakan keterangan waktu (temporal adverb). Dengan memahami tenses dalam Bahasa Inggris, kita dapat menyusun kalimat dengan baik, meskipun tidak semua tenses harus selalu digunakan.

Tenses mempengaruhi arti kalimat karena grammar (tata bahasa) utamanya berfungsi untuk menjelaskan. Kajian mengenai penggunaan tenses dalam penulisan karya ilmiah Bahasa Inggris baik secara umum maupun karya ilmiah linguistik secara khusus telah banyak dilakukan. Kajian-kajian tersebut ada yang berupa kajian analisis maupun kajian perbandingan. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang macam-macam tenses dalam Bahasa Inggris yang digunakan dalam sebuah karya ilmiah linguistik yang berjudul ‘Meaning as action’, serta secara lebih jauh tenses tersebut akan dibahas berdasarkan kriteria Form (bentuk/morfologi), Meaning (arti/semantik), Function (fungsi/sintaksis), dan Position (posisi). Perbedaan dari masing-masing tense, dan penyajiannya dari perspektif teori juga akan disampaikan dalam pembahasan ini.

Untuk mengetahui tenses apa yang paling banyak digunakan dalam karya tulis. Penulis meneliti sebuah teks yang berjudul "meaning as action". Hasil penelitian terhadap teks karya ilmiah yang berjudul ‘Meaning as Action’ menunjukkan bahwa terdapat 81 kalimat di dalam teks tersebut. Penelitian terhadap penggunaan tenses di dalam teks tersebut mengungkapkan bahwa tidak semua tenses yang ada di dalam bahasa Inggris digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut, dan hanya ada beberapa tenses saja yang sering digunakan.
Data statistik secara lengkap dari hasil penelitian adalah sebagai berikut:

Dari data di atas dapat diamati bahwa terdapat 7 (tujuh) tenses bahasa Inggris yang digunakan dalam teks karya ilmiah tersebut, dan 2 (dua) tenses yang paling sering digunakan adalah Simple Present (60.49%) dan Simple Past (14.81%)

1. Simple Present Tense

Contoh: They make based on the words

2. Simple Past Tense

Contoh: The student later reported that the interview that followed was stiff and quite unsatisfactory.

3. Present Continuous (Progressive)

Contoh: Interlocutor is trying to give them unnecessary or irrelevant information.

4. Past Continuous (Progressive)

Contoh: The anthropologist Bronislaw Malinowski (1884 – 1942) was working at describing the fishing and agricultural practices of the native inhabitants

5. Present Future

Contoh: Her message will be clear and understandable.

6. Past Future

Contoh: Faust would say, as the primary domain of philosophy, law, and, theology.

7. Present Perfect

Contoh: From childhood on, they have learned to realize certain speech acts in a culturally appropriate.

Kesimpulan

Tenses yang paling sering digunakan dalam karya tulis ilmiah ini adalah:

1. Simple Present

Alasan digunakan:

• Digunakan pada saat menyampaikan gagasan atau ide.

• Digunakan untuk menjelaskan informasi umum yang diterima sebagai fakta dalam sebuah disiplin ilmu.

• Digunakan untuk memaparkan pentingnya hasil penelitian.

• Digunakan untuk menyampaikan kepada pembaca bahwa hasil penelitian tersebut benar dan relevan, walaupun penelitian aslinya telah dilakukan sebelumnya.

2. Simple Past

Alasan digunakan:

• Digunakan untuk menjelaskan tindakan atau kejadian di tempat tertentu pada masa lalu. Termasuk pada saat memberikan contoh dari pengalaman praktis, menuliskan bagian metode dan hasil laporan penelitian, serta menyampaikan penjelasan dan analisa kejadian masa lalu seperti sejarah dan biografi.

Artikel Lainnya

Finite Verb dan Non-Finite Verb
Kosakata Yang Berhubungan Dengan Liburan Dan Hari Raya Di Dalam Bahasa Inggris
O'clock
However, whatever, whichever, whenever, wherever, whoever
5 Cara Agar Belajar Bahasa Inggris Tidak Membosankan
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi