Go

Perbedaan Bahasa Pada Anak-Anak, Remaja, dan Orang Dewasa

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada February 21st at 7:23am
Share :

Bahasa pada anak-anak menurut Harwood (1959) dalam Chaer (2009: 238) ketika memasuki taman kanak-kanak mereka sudah menguasai kaidah dasar gramatikal bahasa. Dia sudah dapat membuat kalimat berita, tanya, dan sejumlah konstruksi lain. Dari 12.000 buah kalimat spontan yang dilakukan oleh anak-anak berusia lima tahun tidak ditemukan satu buahpun kalimat pasif. Baru setelah umur tujuh setengah sampai delapan tahun, ada sekitar 80 % anak bisa membuat kalimat pasif.

Pada tingkatan remaja, bahasa yang digunakan ditandai dengan bahasa yang berbentuk vernakular (bahasa non standar). Penggunaan bentuk Vernaculer misalnya terdapat pada anak-anak remaja dalam anggota gang di New York. Mereka menggunakan bahasa slang. Dengan menggunakan bahasa slang dengan para anggotanya, maka akan memperlihatkan solidaritas antar mereka. pada periode ini, mereka ingin keluar dari norma-norma yang banyak mengaturnya, mengurangi tekanan-tekanan sosial di dalam masyarakat.. Contoh bahasa slang yang mereka gunakan ialah mereduksi penanda waktu lampau (past tense) –ed pada akhir kata. Contoh kata miss untuk missed dalam kalimat “he miss the bus yesterday”. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal bahasa alay seperti kata ciyuuis, enelan, dan kepo; bahasa slang yang hanya diketahui anak-anak remaja.

Tingkatan orang tua ditandai dengan menggunakan bahasa yang standar. Pada periode ini seseorang lebih sadar akan bahasa yang digunakanya. Penelitian di Kota New York menunjukan prosentase pemakaian bunyi glottal stop pada usia 20 sampai 30 tahun berjumlah 82%, sedangkan prosentase pemakaian bunyi glottal stop [] pada usia 40 tahun ke atas berjumlah 33%. Hal ini menunjukan bahwa pada usia orang tua mereka menggunakan bahasa yang standar (Holmes, 1995: 181-187) .

Sumber referensi:

Chaer, A. & L Agustina. 1995. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta

Holmes, Janet. 2001. An Introduction Sociolinguistik. Pearson Education Limited.

Artikel Lainnya

Perbedaan To dan Too
Present Perfect Continuous Tense
Perbedaan Ask, Ask For, Request, dan Order
Degree of Comparison
Mirip Tapi Beda; Ini dia Perbedaan Antara Like dan Would Like!
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi