Go

Aku, Kamu, Kita, Kami, Dia, Mereka…

Ditulis oleh Linda Fauziah
Dipublikasikan pada October 12th at 9:41pm
Share :

Ketika berkomunikasi dengan lawan bicara, kita harus memikirkan kalimat yang tepat sesuai dengan apa maksud yang ingin kita ungkapkan. Ada beberpa unsur yang membangun sebuah kalimat. Kalimat yang paling sederhana dibangun oleh dua unsur yaitu subjek dan kata kerja, contohnya “Saya pergi”. Setiap bahasa memliki jumlah subjek yang berbeda-beda. Bahasa Indonesia memiliki kurang lebih enam subjek (Saya, Dia, Kamu, Mereka, Kami, dan Kita) sedangkan bahasa Inggris memiliki tujuh subjek (I,You,We, They, He , She, It).

Bagaimana dengan bahasa Perancis? Dalam bahasa Perancis terdapat sembilan subjek. Lumayan banyak kan? Kenapa? Karena dalam bahasa Perancis dikenal islilah feminim dan masculin atau kalau lebih gampang, ada “perempuan dan laki-laki ” nya untuk setiap nomina (kata benda) begitu pun untuk subjek.

Jadi, apa saja subjek dalam bahasa Perancis? Subjek-subjeknya adalah Je, Tu, Il, Elle, On, Nous, Vous, Ils, Elles. Untuk subjek Je, Tu, Vous, On, Nous itu bisa dikatakan normal, karena disa digunakan baik untuk « permepuan atau laki-laki ». Sedangkan yang khusus digunakan untu para « perempuan » adalah elle bagi yang single dan elles bagi yang plural.

Agar lebih mengerti, coba lihat tabel berikut ini

Oke, jadi il, elle, ils, elles itu dibedakan karena « gender » nya juga jumlah banyaknya, tapi bagaimana dengan tu dan vous? Yang membedakan tu dan vous adalah kesopanannya, biasanya tu digunakan untuk yang sudah kita kenal, sedangkan vous itu bentuk sopannya, biasanya ditujukan pada orang yang baru kita temui atau kepada yang lebih tua, dalam bahasa Indoneia sepadan dengan Anda. Kalau kalian masih ingat, penggunaanya seperti Madame dan Mademoiselle. Kenapa sih subjeknya mesti dipisah-pisah gini ? Jawabannya yaitu untuk mengelompokkan konjugasi kata kerjanya.

Bocoran untuk ulasan berikutnya adalah tentang kata kerja dalam kalimat bahasa Perancis, kalian akan berkenalan dengan konjugasi dan siap-siap untuk terpukau dengan kalimat bahasa Perancis. A bientôt !

Artikel Lainnya

Perbedaan Apart From dan Except For
Mengungkapkan Kepemilikan
Bisa dan tidak bisa
Kenapa harus belajar bahasa Jerman?
Beberapa Frasa yang Umum digunakan dalam Percakapan
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi