Go

Pengertian, Ciri, dan Contoh Register dalam Bahasa

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 21st at 3:59am
Share :

Register adalah variasi bahasa berdasarkan ranahnya (domain). Dengan kata lain, register merupakan variasi bahasa yang digunakan berdasarkan bidang penggunaan, gaya, tingkat keformalan, dan media penggunaannya, misalnya bahasa dalam bidang olahraga, sosial media, televisi, jurnalistik, radio, dan lain sebagainya. Oleh karena itu register antar satu bidang dengan bidang yang lain memiliki istilah kata yang berbeda-beda secara kontras (Chaer, 1995: 90). Bahasa yang digunakan di radio dan komentator sepakbola tentu sangat berbeda. Ada istilah-istilah tertentu yang hanya terdapat dalam bidang satu dan tidak ada dibidang yang lainnya. Selain istilah juga terdapat intonasi nada yang berbeda. Ambil contoh register pembawa berita di TV dengan komentator sepakbola, beda bukan? Berikut ini contoh dari register siaran radio:

Dari data diatas kita bisa melihat bahwa ragam yang dipakai adalah ragam formal. Namun yang patut untuk menjadi perhatian dalam ragam penyiar radio adalah sangat kental sekali terjadi campur kode (code mixing) dan alih kode (code switching). Beberapa code mixing dari percakapan antara penyiar dan pendengar di atas adalah pada kata budhe dan ngilir.

Penyiar pertama kali menggunakan bahasa Indonesia saat menyapa penelepon. Setelah itu penelepon menggunakan bahasa Jawa dan kemudian penyiar melakukan alih kode dengan menggunakan bahasa Jawa. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan peneleponya. Contoh di atas adalah alih kode yang dilakukan oleh penyiar radio.

Artikel Lainnya

Relasi Kolokasi dengan Budaya
Anyway
Bahasa-bahasa Gaul dalam Bahasa Jepang Bagian 1
Bedanya Practice dan Practise
Pengertian dan Jenis-Jenis Kamus
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi