Go

Kata Kerja "Be" (is, am, are, was, were): Transitive or Intransitive?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 18th at 10:51am
Share :

1. Apakah kata kerja “be” transitive or intransitive?

Di artikel yang lain, saya menjabarkan perbedaan antara transitive dan intransitive verb. Penjabaran detail tentang transitive verb dan intransitive verb bisa dibaca di sini

Sekedar me-refresh ingatan sahabat, transitive verb adalah kata kerja yang memerlukan objek agar kalimat yang disusun menjadi sempurna. Ketiadaan objek pada kata kerja transitif akan mengakibatkan suatu kalimat menjadi tidak sempurna.

I bought a novel

*I bought

Buy dan turunannya seperti buys, bought, atau buying adalah kata kerja transitif. Jika kita tidak meletakan objek setelah kata kerja tersebut, maka kalimat tidak memiliki makna secara utuh seperti tercermin pada kalimat ke 2; saya membeli (membeli apa?)

Sedangkan kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek. Mengapa tidak memerlukan objek? Hal ini disebabkan tanpa hadirnya sebuah objek kalimat tersebut telah mengandung makna secara utuh.

She smiled

Smile adalah contoh kata kerja intransitif. Kita tidak memerlukan objek di depanya. Tanpa kehadiran objek di depan smiled kita sudah bisa menangkap makna kalimat secara utuh.

Dari contoh kalimat di atas, kita juga dapat menyimpulkan bahwa kata kerja intransitif menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh subjek yang mempengaruhi si subjek itu sendiri. Sedangkan kata kerja transitif menggambarkan subjek melakukan tindakan terhadap objek lain, bukan dirinya sendiri.

Sekarang kita kembali ke pertanyaan pada judul artikel ini. Apakah kata kerja "be" merupakan kata kerja transitif atau intransitif? Menurut saya ini adalah pertanyaan yang cukup menarik. Hal ini dikarenakan untuk menjawabnya kita perlu bahas secara runtut dengan membahas sisi sintaksisnya.

2. Apakah kata kerja "be" merupakan transitive verb?

She is my daughter

I am a student

They are badminton players

I was hungry

We were not your servant

Pada kalimat di atas terdapat kata kerja "be" yang berbentuk is, am, are, was, dan were. Kata kerja "be" mendeskripsikan subjek kalimat. Ia memberikan informasi tambahan terhadap subjek kalimat. Dengan gambaran lain bisa dituliskan seperti ini:

She = my daughter.

I : student.

I : hungry.

We : not your servant.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah my daughter, a student, hungry, dan not your servant pada kalimat di atas adalah objek kalimat? Jika mereka adalah objek kalimat, maka kata kerja "be" adalah kata kerja transitif. Sekilas jika dilihat dari struktur kalimat S + P + O nampaknya “be” adalah objek kalimat. Akan tetapi, jika diteliti lebih jauh ternyata my daughter, a student, hungry, dan not your servant bukanlah objek kalimat. Pada kata kerja transitif, umumnya bisa dipasifkan, misalnya

She eats apples everyday

Apples are eaten by her everyday

Eats adalah kata kerja transitif, dibuktikan dengan objek kalimat apples bisa menjadi subjek dalam pola kalimat pasif.

They are badminton players

*Badminton player are been them

Ternyata badminton players bukan objek kalimat. Terbukti tidak bisa kita pasifkan dengan cara menempatkan badminton players sebagai subjek kalimat. Dengan begitu, kata kerja "be" bukanlah kata kerja transitif. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya tindakan yg dilakukan subjek terhadap badminton players, seperti tercermin pada kalimat she eats apple. Subjek she melakukan tindakan kepada objek apple. Tindakan apa? Tindakan memakan apel tersebut. Sedangkan they are badminton players tidak menggambarkan tindakan subjek they terhadap badminton players.

3. Jika bukan transitive verb, apakah kata kerja "be" merupakan intransitive verb?

Kata kerja intransitive adalah kata kerja yang tanpa ditempatkan objek pun kita bisa mengetahui maknanya, misalnya:

I laughed saya tertawa

She smiled

The car stopped

Sekarang bagaimana dengan be?

They are badminton players

*They are

Jika memang "be" adalah kata kerja intransitif, maka tanpa objek kalimat pun seharusnya kita bisa menangkap makna kalimat secara utuh. Badminton players bukanlah objek. Berarti kita bisa tulis dengan they are. Akan tetapi faktanya, kita tidak bisa menangkap makna secara utuh dari kalimat yang hanya tertulis *they are atau pola yang lainnya, misalnya *she is.

Dari temuan-temuan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata kata kerja “be” bukanlah kata kerja transitif maupun intransitif. Jika bukan kata kerja transitif ataupun intransitif, termasuk kata kerja apakah be? Kata kerja "be" termasuk kata kerja penghubung, yaitu menghubungkan antara subjek dan predikat kalimat. Dalam bahasa Inggris kita sebut sebagai “linking verb”

Mungkin ada sahabat yang bertanya? Bagaimana dengan kalimat yang seperti ini

I am studying English

Saya sedang belajar bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah objek, hal ini bisa kita buktikan dengan mengubah kalimat tersebut menjadi pasif:

English is being studied by me

Dengan demikian, bukankah is adalah transitive verb? Is pada kalimat tersebut berfungsi sebagai kata kerja bantu. Study adalah transitif. Akan tetapi is adalah auxiliary verb, bukan transitive verb.Oleh karena itu, yang transitif bukanlah is, melainkan "study". Fungsi "is" disitu hanya sebagai kata kerja bantu atau yang biasa kita sebut dengan "auxiliary verb"

Jadi Kata kerja "be" termasuk dalam kategori “linking verb” dan “auxiliary verb” atau kata kerja penghubung. Kehadirannya di kalimat digunakan sebagai penghubung antara subjek dan predikat. Untuk lebih jelasnya tentang linking verb dan auxiliary verb, sahabat bisa baca disini.

Artikel Terkait

1. Verb

2. Perbedaan Linking Verb dan Auxiliary Verb

3. Perbedaan be, been, dan being

4. Transitive dan intransitive verb

Artikel Lainnya

(이) 세요 dan (으) 세요 (Partikel Untuk Rasa Hormat)
During or For?
Cara Menggunakan Kata Keep di dalam Bahasa Inggris
Once, One Day, dan At Once
Daftar Kata Kerja yang Bisa Menjadi State Verb dan Action Verb: I Think atau I am Thinking?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi