Go

Perbedaan Antara Preposition, Adverb, dan Particle

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 18th at 10:49am
Share :

Beberapa kata pada bahasa Inggris bisa memiliki beberapa kelas kata. Bahkan bukan itu saja, beberapa kata tersebut malah memiliki makna yang sama. Padahal meskipun maknanya sama namun kelas katanya berbeda maka akan berpengaruh pada letaknya di dalam kalimat. Kata yang memiliki makna dan kelas kata di dalam bahasa Inggris misalnya adalah kata “up” yang bisa berfungsi sebagai preposition dan juga sebagai adverb.

a. She run "up" the stairs (dia berjalan di atas tangga)

b. She looked “up” (dia melihat ke atas)

Pada kalimat (a) "up" adalah preposition sedangkan "up" pada kalimat (b) adalah adverb. Dari kedua kalimat di atas apakah sahabat bisa mengetahui perbedaan antara adverb dan preposition?

1. preposition

Preposition atau preposisi atau kata depan adalah kata yang berfungsi menghubungkan antara dua objek di dalam kalimat. Umumnya objek yang dihubungkan berhubungan dengan waktu dan tempat/posisi.

c. We followed her "up" the stairs (kami mengikuti dia ke atas tangga)

d. She ran "up" the stairs (dia berlari di atas (menaiki) tangga)

Pada kalimat (c) menghubungkan objek her kepada objek lainya yaitu the stairs. Pada kalimat (d) "up" karena intransitif sehingga tidak ada objek kalimat, namun “up” disitu tetap berfungsi menghubungkan tindakan “run” ke objek lainya berupa lokasi tempat. Hal yang wajib diketahui adalah preposition di dalam kalimat selalu berbentuk prepositional phrase. prepositional phrase adalah gabungan kata dimana preposition sebagai inti dari gabungan kata tersebut.

e. If you want Fred, he's up that ladder. (Jika kamu ingin bertemu Fred, dia di atas lantai itu)

f. They live just up the road. (mereka tinggal sepanjang jalan)

Up that ladder dan up the road adalah prepositional phrase. Untuk mengetahui lebih jelas tentang prepositional phrase, silahkan buka di sini.

2. adverb

Adverb adalah kata keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan tindakan dari verb yang mendahuluinya. Dengan kata lain, dia menjelaskan predikat atau tindakan dari subjek kalimat.

g. She run quickly

h. She dresses beautifully

Adverb pada kedua kalimat tersebut sama-sama menjelaskan verb di depanya, berlari dengan cepat dan berpakaian dengan cantik. Sekarang bagaimana dengan kata yang juga berfungsi sebagai preposition sekaligus sebagai adverb?

i. She looked "up" and saw the bird (dia melihat ke atas dan melihat burung)

j. My room is "up" on the second floor (kamar saya ada di atas pada lantai kedua)

"Up" pada kedua kalimat di atas adalah adverb. Pada kalimat (j) prepositional phrase nya adalah on the second floor. Sehingga "up" pada kalimat tersebut merupakan adverb. Jika dicermati, "up" ketika menjadi adverb maka umumnya tidak ada objek yang dihubungkan. Sehingga ketika tidak diikuti oleh keterangan yang lain pun kalimat tetap memiliki arti yang sempurna, misalnya dari kalimat di atas kita bisa menyusunya dengan:

k. She looked "up" (dia melihat ke atas)

l. My room is "up" (kamar saya di atas)

Jadi perbedaanya ketika menjadi preposition adalah “up” diikuti objek yang lain dalam bentuk prepositional phrase

m. She looked "up" (dia melihat ke atas) "up" sebagai adverb

n. She looked up the building (dia melihat ke atas gedung) "up" sebagai preposition dalam bentuk prepositional phrase

Pada phrasal verb, khusunya yang bisa dipisahkan oleh objek atau biasa kita sebut separable phrasal verb maka adverb dan preposition bisa kita tukar, misalnya:

o. Please turn off the TV

p. Please turn the TV off

Kedua kalimat mengandung makna yang sama, yaitu tolong matikan TV. Perbedaanya adalah pada kalimat pertama “off” adalah preposition, sedangkan pada kalimat kedua “off” adalah adverb.

3. particle

Particle adalah satuan kata yang tidak memiliki makna leksikal, namun ketika digabungkan dengan kata tertentu mengandung makna secara gramatikal. Dengan kata lain, particle memodifikasi makna kata yang disatukan dengannya. Pada atikel yang sudah saya tulis terkait particle, saya menjelaskan dengan memberi contoh seperti ini:

q. Jill ran "up" a big hill. (Jill berlari di atas bukit yang besar)

r. Jill ran "up" a big bill. (Jill berhutang tagihan yang besar)

"Up" pada kalimat (q) merupakan preposisi yang berarti “di atas”. Sedangkan “up” pada kalimat kedua (r) adalah particle. “Up” sebagai particle tidak memiliki makna leksikal. Sehingga dengan kata lain, particle memodifikasi makna kata menjadi jauh dari makna asalnya. Walaupun sama-sama berbentuk “up” tetapi, memiliki fungsi yang berbeda. “Up” sebagai preposisi atau adverb berfungsi sebagai penunjuk keterangan tempat. Sedangkan “up” sebagai particle memodifikasi arti kata “ran” menjadi “berhutang”

s. I looked "up" at the building (saya melihat ke atas gedung.)

t. I looked "up" in the dictionary (saya mencari di kamus )

Kata "up" sebagai preposisi memiliki arti “ke atas”. "up" pada kalimat (s) merupakan preposition karena sesuai dengan arti sebenarnya yang menerangkan melihat ke arah atas gedung, sedangkan "up" pada kalimat (t) merupakan particle karena "up" yang digabungkan setalah look justru membentuk makna “mencari”

Artikel terkait

1. adverb

2. preposition

3. particle

Artikel Lainnya

Kata Sifat (Adjektive) dalam Bahasa Jerman
Perbedaan Penggunaan Been dan Gone
Bahasa Inggrisnya Sampah: Mengenal Perbedaan Waste, Garbage, Rubbish, Trash, Litter, Debris, Scarp dan Refuse
Arti dan Penggunaan To be Honest
Quiet atau Quite?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi