Go

10 kata tersedih di dalam Bahasa Inggris, No 7 Akan Membuatmu Tercengang!

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 13th at 2:14am
Share :

Kali ini saya akan membahas beberapa kata di dalam bahasa Inggris yang memiliki makna sedih; tersedih! Dalam bahasa Indonesia mungkin kata-kata yang menyedihkan jika kita mendengarnya adalah; kehilangan, mati, patah hati, selingkuh, dan sederet kata lainnya. Ini hanya asumsi saya saja sebagai penutur bahasa Indonesia.

Ada baiknya jika ada sahabat di sini yang menjadi seorang linguist maka meneliti bahasan ini; “Kata-kata yang mengandung makna sedih”. Sahabat bisa menelitinya dengan pendekatan semantik dengan Penulis percaya bahwa setiap kata di dalam kognitif manusia sebenarnya dapat mengandung makna yang berasosiasi dengan hal yang positif atau negatif. Kita ambil contoh di dalam bahasa Indonesia dengan kata “belakang” dan “depan”. Kata “depan“ umumnya bermuatan positif dan kata “belakang” lebih sering berpasangan dengan hal yang negatif, contoh:

a. Teganya kau, menusukku dari belakang.

b. Ahok dan Djarot sedikit memimpin di depan dalam pemerolehan suara.

c. Dia itu munafik, beraninya hanya mengkritik di belakang.

d. Dila rajin duduk di depan.

e. Balapan kali ini, Rossi memimpin di depan dari awal hingga akhir balapan.

Sedikit data ini bisa memberi gambaran bahwa dalam sebuah kata mengandung muatan yang bisa cenderung positif atau bahkan justru lebih banyak ke negatifnya. Kata “depan” umumnya berasosiasi ke hal-hal yang positif, sedangkan kata “belakang“ lebih berasosiasi kepada hal yang negatif.

Nah sekarang kita kembali kepada judul di atas, kata apa di dalam bahasa Inggris yang berasosiasi dengan kesedihan. Karena kita bukan penutur asli bahasa Inggris, mungkin ada beberapa kata yang menurut kita sebenarnya positif atau biasa saja, namun bagi mereka termasuk kata yang sedih. Nah berikut ini 10 kata/frasa tersedih dalam bahasa Inggris yang saya rangkum dari dictionary.com

1. Back to school

“Kembali ke sekolah” nampaknya menjadi kata tersedih bagi anak-anak. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka tidak bisa bermain lagi secara bebas di hari libur. Oleh karena itu, wajar jika back to school menjadi salah satu frasa yang mengandung kesedihan, terutama bagi anak-anak.

2. goodbye

“Selamat jalan” adalah kata kedua yang beraura “sedih”. Seseorang menuliskan ungkapan seperti ini “you say goodbye all the time, but you never know which one is the last” yang artinya “Kamu mengucapkan selamat tinggal sepanjang waktu, tapi kamu tidak pernah tahu mana yang terakhir”. Saya berasumsi kenapa goodbye adalah kata yang menyedihkan karena kata tersebut lebih sering berhubungan dengan “perpisahan”

3. Heartbroken

“Patah hati” barangkali sama dengan bahasa Indonesia yang lebih sering berasosiasi dengan kesedihan dan kepedihan. Cermin yang pecah sekalipun ketika kita berhasil menyusunnya lagi akan selalu terlihat bekas-bekas pecahan tersebut; tetap akan ada bekasnya! Begitu juga hati yang patah. Hati yang remuk. #duh :p

4. If only

Dictionary .com menerjemahkan if only dengan “I wish that” atau bahasa Indonesia gaulnya “andai saja, andaikan”. Saya jadi teringat sebuah lirik lagu “andaikan kau datang kembali, jawaban apa yang kan ku beri ” mungkin karena if only lebih sering berhubungan dengan penyesalan. Jadi wajar jika mengandung kesedihan di dalamnya.

5. It might have been

Frasa yang satu ini lebih sering diwarnai dengan sesuatu yang berhubungan dengan penyesalan, seperti yang diungkapkan berikut ini:

For of all sad words of tongue or pen,

The saddest are these:

'It might have been!' -- John Greenleaf, Maud Muller, 1856

Contoh penggunaanya di dalam bahasa Inggris misalnya adalah “she might have been hurt!” "Dia mungkin telah terluka!"

6. Lonely

“Kesepian” nampaknya sama. Sama-sama menjadi kata yang mengandung muatan kesedihan seperti dalam bahasa Indonesia. Sebagai contoh perhatikan kalimat ini dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

She gets lonely now that all the kids have left home. (Dia menjadi kesepian, kini anak-anaknya telah meninggalkan rumah)

Di sepanjang senja kau sempat menyemai kasih. Gelap gemerlap berbunga asmara. Tapi kini entah kemana engkau berada. Hidupku beralaskan kesepiaan hingga daun-daun musim gugur berakhir di awal semi.

7. Love

Menurut Dictionary.com “Cinta” sebanarnya lebih berasosiasi dengan hal yang positif. Kata “cinta” lebih sering berhubungan dengan hal yang baik. Akan tetapi, ketika cinta dikaitkan dengan cinta yang tak terbalas maka kata cinta menjadi kata terburuk. Dengan alasan inilah “cinta” masuk dalam daftar kata yang menyedihkan. Apakah sahabat yang jomblo atau yang kandas cintanya juga sedih ketika mendengar kata love; cinta? :D

8. Melancholy

Apakah sahabat juga sependapat kalau “melankolis” termasuk dalam kata yang menyedihkan? Ada baiknya kita harus tahu makna asli dari Melancholy. Oxford menjelaskannya dengan “a feeling of sadness that lasts for a long time and often can not be explained” yang artinya kurang lebih "Perasaan sedih yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan sering tidak dapat dijelaskan" Nah dari penjelasan ini maka sudah barang tentu, melancholy termasuk dalam kata yang sangat menyedihkan di dalam bahasa Inggris.

9. Terminal

Terminal? Bagaimana bisa terminal menjadi kata yang menyedihkan? Apakah karena terminal berhubungan dengan bepergian, misalnya: “Pesawat keberangkatan Internasional berada di terminal 2”. Ternyata bukan itu yang dimaksud. Terminal yang dimaksud di sini adalah terminal yang berhubungan dengan dunia kedokteran yang artinya “stadium akhir”. Jika dokter sudah menyebutkan “terminal cancer” yagn artinya “kangker stadium akhir” maka kesedihan akan menyelimuti semua keluarga pasien; seperti tidak ada harapan untuk hidup lagi.

10. What party?

Ketika mendengar ada sebuah pesta yang dilakukan dan sahabat tidak diundang lalu mengucapkan “Pesta apa?”. Mungkin frasa yang satu ini agak janggal bagi kita karena budaya kita bukanlah budaya yang sering melakukan pesta. Tetapi bisa saja memiliki kemiripan jika yang dimaksud seperti kita tidak diundang di pernikahan seseorang yang dekat dengan kita “kok saya tidak diundang”

Demikian tadi beberapa kata/frasa di dalam bahasa Inggris yang bermuatan sedih. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Perbedaan Penggunaan beside dengan besides
Aku Cinta Padamu atau Aku Cinta Kepadamu: Mari Belajar Preposisi Bahasa Indonesia
Used to, Be Used to, dan Get Used to
200 Singkatan dalam Bahasa Inggris
No dan Not
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi