Go

Bahasa Inggrisnya Siswa: Student or Pupil?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 14th at 4:06am
Share :

Apa bahasa Inggrisnya siswa, apakah student ataukah pupil? Kali ini saya akan membahas perbedaan antara student dan pupil di dalam bahasa Inggris. Sebenarnya untuk merujuk siswa yang masih sekolah masih ada dua istilah lagi, yaitu school boy/girl dan schoolchild. Seperti biasa, saya akan menjelaskan istilah-istilah tersebut dengan merujuk dua kamus favorit saya yaitu Cambridge Learner’s Dictionary dan Oxford Learner’s Thesaurus. Selamat membaca!

1. Student

Cambridge menjelaskan student dengan “a person who is learning at a college or university, or sometimes at a school”. Dari sini kita bisa mengetahui kalau “student” adalah “seseorang yang sedang belajar di perguruan tinggi atau kadang-kadang di sekolah. Sedangkan Oxford mendeskripsikan student dengan “a person who is studying in a school, especially an older child” yaitu “seseorang yang sedang belajar di sekolah, khususnya anak yang lebih tua”. Dari penjelasan ini kita bisa mengetahui jika student digunakan untuk merujuk siswa yang sudah dewasa, misalnya SMA dan perguruan tinggi. Oleh karena itu, student di sini juga bisa di artikan dengan “mahasiswa”

a. He was a student at the University of Diponegoro. (Dia adalah seorang mahasiswa di Universitas Diponegoro.)

b. She is a medical student. (Dia adalah seorang mahasiswa kedokteran.)

c. The man is a postgraduate student. (pria tersebut adalah mahasiswa pascasarjana)

2. Pupil

Berbeda dengan student, Cambridge menjelaskan pupil dengan “a person, especially a child at school, who is being taught” yaitu “seseorang, utamanya seorang anak di sekolah, yang masih sedang dididik”. Hal ini juga senada dengan penjelasan dari Oxford, yaitu “a person who is being taught, especially a child in a school”. Di kamus Oxford juga dijelaskan perbedaan antara student dan pupil yaitu “student emphasizes that the children actively study; pupil can suggest children sitting still and being taught”. Jadi student merujuk pada siswa yang sudah aktif (mandiri) sedangkan pupil merujuk pada anak-anak yang masih dididik duduk di dalam kelas.

a. Our school has over 500 pupils. (Sekolah kami memiliki lebih dari 500 siswa)

b. She is a second-year pupil. (Dia adalah murid tahun kedua.)

c. Ex-pupils will have a reunion next month. (Para alumni akan melakukan reuni bulan depan.)

3. schoolboy/ schoolgirl

Cambridge dan Oxford hampir sama menjelaskan schoolboy dan schoolgirl. Schoolboy adalah “a boy who goes to school“ yaitu “anak laki-laki yang pergi ke sekolah”. Sedangkan schoolgirl adalah “anak perempuan yang pergi ke sekolah” kita bisa terjemahkan schoolboy dengan siswa pria dan schoolgirl dengan siswa perempuan. Sedangkan untuk siswa yang masih kecil kita bisa menggunakan istilah “schoolchild”

Kesimpulan

a. Student digunakan untuk merujuk siswa yang sudah dewasa, khususnya di perguruan tinggi. Oleh karena itu kita bisa juga menerjemahkan student dengan mahasiswa.

b. Pupil adalah siswa yang masih duduk manis memerlukan pengajaran dari guru mereka di dalam kelas. Sehingga bisa merujuk pada anak SD hingga SMA.

Artikel Lainnya

Perbedaan Penggunaan Kata Menunggu dan Menanti dalam bahasa Indonesia
Transportation
Mengenal Jenis-Jenis Tenses Secara Garis Besar
았 / 었습니다 (Membuat Kalimat Lampau)
Perbedaan To dan Too
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi