Go

School, College, dan University: Apa Bedanya?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 21st at 11:22pm
Share :

Karena sistem pendidikan yang berbeda antar negara maka akan menghasilkan beberapa istilah yang berbeda pula. Istilah-istilah yang digunakan dalam domain tertentu sangat dipengaruhi oleh keadaan dari bangsa yang bersangkutan. Hal ini juga terjadi pada beberapa istilah di dalam domain pendidikan. Oleh karena itu, untuk memahaminya sahabat dalam beberapa hal harus keluar dari konteks pemahaman sistem pendidikan di Indonesia. Mungkin beberapa konsep memiliki kesamaan dan mudah bagi kita untuk memahaminya. Untuk lebih lengkapkanya mari kita simak penjelasanya berikut ini.

1. School

School adalah tempat dimana anak-anak pergi belajar. Pada umumnya, school merujuk pada sekolah seperti SD-SMA. Akan tetapi, school juga bisa digunakan untuk merujuk pada jurusan tertentu di universitas yang lebih spesifik. Saya ambil contoh misalnya sekolah vokasi UGM. sekolah vokasi UGM adalah bagian dari UGM yang vokus pada kuliah spesifik, umumnya strata D3. Sedangkan di dalam bahasa Inggris informal Amerika, school adalah tempat apapun dimana kita sekolah, termasuk universitas. jadi , jangan heran misalnya ada yang berkata seperti ini: famous school like Harvard and MIT.

2. College

College adalah sekolah lanjutan dari SMA. College merujuk pada perguruan tinggi khususnya sekolah tinggi. Hal yang perlu diperhatikan adalah pada umumnya college merujuk pada pendidikan strata D2 atau D3. Jadi college digunakan untuk jurusan yang spesifik. College yang menghabiskan waktu dua tahun atau strata dua disebut dengan community college. Di negara Inggris College bisa berdiri sendiri di luar universitas seperti King’s College Cambridge.

3. Universitiy

Cambridge menjelaskan university dengan “a college or collection of colleges at which people study for a degree” yang artinya adalah “sekolah tinggi atau kumpulan sekolah tinggi dimana orang belajar untuk sebuah gelar” jadi Universitas terdiri dari beberapa bidang ilmu yang spesifik lalu digabungkan menjadi satu. Untuk merujuk tempat sebuah kampus atau universitas, orang-orang Amerika lebih suka mengatakan college dibanding university. Oleh karena itu, mereka lebih sering mengatkan “she is in college”. Sedangkan orang-orang British lebih suka menggunakan “university” misalnya dengan berkata “she’s at university

Artikel Lainnya

Perbedaan dan Persamaan Antara Just dan Only
Parts of Body
Names and Tittle
Bedanya Say, Speak, Talk, dan Tell
Have been in atau Have you been to?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi