Go

Bedanya Decrease, Decline, Reduce, Fall, dan Drop

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 22nd at 6:50pm
Share :

Kali ini kita akan membahas beberapa kelompok kata yang memiliki arti hampir sama. Kelima kata ini adalah decrease, decline, reduce, fall, dan drop. Kata-kata tersebut umumnya bisa berfungsi sebagai verba dan juga nomina. Kesempatan ini, penulis akan membahas perbedaan arti dari decrease, decline, reduce, fall, dan drop dari sisi verba. Sedangkan arti sebagai nomina, sahabat bisa pahami dari penjelasan verbanya. Seperti biasa, penulis menggunakan kamus favorit penulis sebagai bahan rujukan, yaitu kamus Cambridge Learner’s Dictionary dan Oxford Learner Thesaurus.

1. Decrease

Cambridge menjelaskan makna dari decrease dengan “to become less, or to make something become less” yang berarti “menjadi lebih sedikit atau membuat sesuatu menjadi lebih sedikit”. Sedangkan Oxford menjelaskanya dengan “to fall in number or level” yang artinya “berkurang dalam jumlah atau level”. Dari kedua penjelasan ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa decrease ketika menjadi kata kerja transitif bermakan “mengurangi” seperti dalam penjelasan Cambridge. Sedangkan ketika menjadi kata kerja intransitif bermakna berkurang seperti penjelasan Oxford. Berkurang atau mengurangi di sini terdapat jumlah atau level yang berkurang.

a. The number of new students decreased from 201 to 160 this year. (Jumlah siswa baru berkurang dari 201 menjadi 106 tahun ini)

b. Our share of the market has decreased sharply this year. (Saham pasar kami telah berkurang tahun ini.)

c. Donations have decreased significantly. (Bantuan telah berkurang.)

2. Decline

Cambridge menjelaskan decline dengan penjelasan seperti ini “to gradually become less, worse, or lower” yang artinya “secara bertahap menjadi lebih sedikit, lebih buruk, atau lebih rendah”. Sedangkan Oxford menjelaskanya dengan “to become lower or less in level, number, size, strength, or importance” yang artinya “menjadi lebih rendah atau kurang dalam tingkat, jumlah, ukuran, kekuatan, atau kepentingan". Dari kedua penjelasan ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa decline adalah kata kerja intransitif dimana tidak diikuti oleh sebuah objek. Kita bisa mengartikan decline dengan “menurun” atau “merosot

a. The number of tourists is declining this year. (Jumlah turis sedang menurun tahun ini.)

b. His political interest declined after his wife died. (Ketertarikan politiknya menurun setelah istrinya meninggal)

c. Her popularity has declined. (Ketenarannya telah merosot)

3. Reduce

Menurut Cambridge reduce adalah “to make something smaller in size, amount, degree, importance, etc” yang artinya “untuk membuat sesuatu lebih kecil dalam ukuran, jumlah, tingkat, dan kepentingan”. Oxford pun menjelaskannya senada dengan apa yang diterangkan oleh Cambridge, yaitu “to make something smaller in size, amount, number, or level” yang artinya yaitu “membuat sesuatu lebih kecil dalam ukuran, jumlah, angka, atau tingkat” Dari kedua penjelasan ini kita bisa menerjemahkan kata reduce dengan “mengurangi” atau “menurunkan”.

a. The car reduced speed. (Mobil tersebut menurunkan kecepatannya.)

b. We will reduce our weight. (Kami akan menurunkan berat badan kami.)

c. The number of employees was reduced from 42-25. (Jumlah pegawai dikurangi dari 42 sampai 25.)

4. Fall

Cambridge dan Oxford menjelaskan fall dengan penjelasan yang sama, yaitu dengan “to become lower in size, amount or strength” yang artinya “menjadi lebih rendah dalam ukuran, jumlah atau kekuatan”. Kita bisa artikan fall dengan “jatuh” atau “menurun”.

a. The temperature fell sharply. (Temperatur menurun dengan tajam.)

b. Demand for new cars has fallen. (Permintaan untuk mobil baru telah menurun)

c. Their profits have fallen. (Keuntungan mereka telah menurun)

5. Drop

Cambridge menjelaskan drop dengan “to move to a lower level, or cause something to move to a lower level” yang artinya “pindah ke tingkat yang lebih rendah, atau menyebabkan sesuatu bergerak ke tingkat yang lebih rendah”. Sedangkan Oxford menjelaskan drop sama dengan penjelasan fall, yaitu “to become lower or less in size, amount or strength” yang artinya “menjadi lebih rendah atau berkurang dalam ukuran, jumlah atau kekuatan”. Kita bisa artikan drop dengan “turun”

a. Liverpool dropped to fourth place. (Liverpool turun ke posisi empat)

b. The water has begun to drop. (air mulai turun (surut))

c. The temperature has dropped. (temperatur telah turun)

Catatan Penting

  1. Fall, decline, dan drop sama-sama bisa saling menggantikan dalam hal yang berhubungan dengan “numbers, levels, rates, prices, profits, dan sales”

Dalam beberapa kasus tersebut, kata-kata tersebut bisa saling menggantikan, misalnya kata fall, decline, dan drop pada kalimat ini:

Sales have fallen/declined, dropped by 20 % (Penjualan telah turun 20 persen)

  1. Decline umumnya lebih sering digunakan dalam konteks ekonomi dan industri, penghasilan, dan kesehatan seseorang.

The area/city/industry/market has declined. (area/kota/industri/pasar telah menurun)

Her health was declining. (kesehatannya menurun)

  1. Decrease lebih jarang digunakan dibanding reduce karena decrease lebih formal. Pada umumnya lebih sering digunakan untuk konteks kesehatan dan pengobatan. Orang lebih suka menggunakan reduce sebagai lawan kata dari increase, dibandingkan decrease.

Artikel Lainnya

Cara mengungkapkan pilihan (preferences) dalam bahasa Inggris: prefer, would prefer, dan would rather!
Daftar Kata Kerja yang diikuti oleh To Infinitive (Verb + To Infinitive)
Ini Lho! Phrasal Verb diawali Huruf H-Z dalam Bahasa Inggris
Have been in atau Have you been to?
No dan Not
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi