Go

Ini Dia Universitas Negeri dan Swasta Prodi Bahasa dan Sastra Inggris Terbaik di Indonesia!

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada December 7th at 9:01am
Share :

Terdapat banyak badan atau lembaga yang memberikan penilaian atau perangking universitas atau perguruan tinggi baik di Indonesia maupun dunia. Di kelas dunia, kita biasa mengenal QS World Rangkings, Webometric, UI Greenmetric, atau World Class University. Di Indonesia, terdapat sebuah lembaga yang melaksanakan sistem akreditasi sejak tahun 1994 yaitu BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional - Pendidikan Tinggi).

Berikut ini, universitas negeri dan swasta program studi Bahasa dan Sastra Inggris terbaik dengan akreditasi 'A' di Indonesia menurut BAN-PT yang diolah dari data asli BAN-PT Tahun 2015.

 

  • UNIVERSITAS NEGERI

1. UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR-SURABAYA)

Prodi yang memiliki motto 'excellece with morality' ini, mempunyai dua perminatan yaitu (1) liguistik dan (2) sastra dan budaya. UNAIR memperoleh akreditasi 'A' berdasarkan SK terakhir pada tahun 2011. 

2. UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM-YOGYAKARTA)

Prodi Sastra Inggris UGM masuk dalam fakultas Ilmu Budaya dimana diharapkan lulusannya memiliki dan memahami keahlian dasar mengenai bahasa dan sastra Inggris, kesusastraan, dan pengetahuan dasar ilmu Humaniora. UGM Prodi Bahasa dan Sastra Inggris terakreditas 'A' berdasarkan SK tahun 2015.

3. UNIVERSITAS UDAYANA (UNUD-DENPASAR)

Terakreditas 'A' berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tahun 2012.

4. UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG (UIN-MALANG)

Prodi Sastra Inggris di UIN-Malang mengaplikasikan kurikulum yang mengintegrasikan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. UIN-Malang ini memperoleh terakreditas A sesuai dengan SK tahun 2012.

5. UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG (UIN-BANDUNG)

Terakreditas 'A' berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tahun 2013.

6.  UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (UIN-JAKARTA)

Program studi pada UIN-Jakarta ini berfokus pada riset di bidang bahasa dan sastra Inggris dengan mengedepankan karakter Islam Nusantara. UIN-Jakarta terakreditas 'A' berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tahun 2013.

 

  • UNIVERSITAS SWASTA

1. UNIVERSITAS GUNADARMA (DEPOK)

Universitas ini berfokus dalam menggabungkan ilmu Sastra Inggris dan Kebahasaan dengan pemanfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Universitas Gunadarma terakreditas 'A' berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tahun 2012.

2. UNIVERSITAS KRISTEN PETRA (SURABAYA)

Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Petra yang berdiri sejak 1961 memiliki dua program yaitu English for Business dan English for Creative Industry. Universitas ini terakreditas 'A' berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tahun 2005, dan terakhir 2010.

3. UNIVERSITAS SANATA DHARMA (YOGYAKARTA)

Prodi bahasa dan sastra pada universitas ini berfokus pada pengembangan nilai akademik dan berbagai nilai kemanusiaan. Universitas ini mendapatkan akreditas 'A' secara berturut-turut sesuai dengan SK Mendiknas pada tahun 2000, 2005, dan 2011.

 

Artikel Lainnya

Kisi-Kisi, Contoh Soal dan Info Penting Seputar SBMPTN Bahasa Inggris 2017 Terbaru!
Perbedaan To dan Too
Verb Phrase
Kapan Sebaiknya Mengajari Bahasa Inggris Kepada Anak?
Amount of VS Number of
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi