Go

On Time VS In Time: Idiom Bahasa Inggris Lainnya yang Berhubungan dengan Waktu

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 21st at 11:40pm
Share :

Kali ini kita akan membahas beberapa idiom di dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan waktu. Apakah sahabat sudah tahu pengertian idiom? Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai idiom yang berhubungan dengan waktu, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu idiom dan bagaimana ciri sintaksis dari idiom.

Idiom adalah gabungan kata dimana maknanya tidak bisa kita pisahkan satu persatu dari kata-kata yang membentuk. Salah satu ciri sintaksis dari idiom adalah dia tidak bisa kita sisipi imbuhan ataupun kata yang lainnya. Sebagai contoh idiom di dalam bahasa Indonesia adalah “besar kepala” yang artinya sombong. Kita tidak bisa mensisipinya dengan imbuhan misalnya “besarkan kepala” atau “membesarkan kepala” karena maknanya akan berubah. Begitu juga idiom di dalam bahasa Inggris, kita tidak bisa menambahi imbuhan ataupun kata di dalamnya, misalnya idiomon time” menjadi “on a time” atau “on the time”

Selanjutnya mari kita bahas beberapa idiom di dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan waktu. Idiom-idom tersebut yang akan kita bahas adalah on time, in time, in the nick of time, time flies, running late, running out of time, dan race against the clock.

1. On time

On time adalah “tepat pada waktunya”. Maksudnya adalah jika sahabat diundang datang pesta jam 08.00 dan sahabat datang jam 08.00 maka sahabat melakukanya dengan on time. Contoh lainya adalah:

My job interview is scheduled for 9:00 AM. If I arrive at 9:00 AM, I am on time for the interview. (wawancara pekerjaan saya dijadwalkan pukul 09.00 pagi. Jika saya tiba pukul 09.00 pagi, saya tepat waktu wawancaranya.)

Jika ada seseorang yang selalu on time berarti dia rajin, sedangkan orang yang tidak pernah on time berarti dia selalu terlambat.

2. In time

In time adalah “tepat sebelum waktunya”. Maksudnya adalah jika sahabat diundang di pesta pernikahan dimana batas akhir dari pesta tersebut adalah jam 11.00 dan sahabat datang pukul 10.55 sebelum pesta usai, maka sahabat melakukannya dengan “in time”. Nah in time biasanya berhubungan dengan sesuatu yang buruk jika kita tidak tiba tepat sebelum waktu yang ditentukan, misalnya naik kereta api, naik pesawat, dll. Jika pesawat sahabat akan terbang pukul 08.00 maka sahabat harus datang sebelum jam 08.00. Karena jika tiba tepat pukul 08.00 maka bisa dipastikan kemungkinan ketinggalan pesawat sangat tinggi karena kita harus melewati pemeriksaan dan lain-lain. Perhatikan contoh di bawah ini:

I got stuck in traffic and arrived just in time to catch my bus. (saya terjebak macet dan tiba tepat sebelum waktunya untuk mengejar bus saya)

If we don't hurry up, we won't be in time to catch the flight. (jika kita tidak bergegas, kita tidak akan tiba tepat waktu untuk mengejar pesawat)

Kadangkala orang juga mengatakan “just in time” maksudnya adalah “terjadi sebelum batas akhir atau deadline.”

3. In the nick of time

In the nick of time maksudnya adalah “detik-detik terakhir” atau “batas-batas terakhir”. Sebagai contoh adalah sahabat diperintah oleh guru mengumpulkan tugas sebelum jam 04.00 sore, dan sahabat mengumpulkannya pukul 03.59 maka sahabat melakukanya dengan “in the nick of time”.

I finished my English essay just in the nick of time. (saya menyelesaikan esai bahasa Inggris pada detik-detik terakhir)

4. Time flies

Time flies maksudnya adalah “waktu berlalu begitu dengan cepat”

Time flies after we have married (waktu berlalu begitu cepat setelah kita menikah)

5. Race against the clock

Race against the clock maksudnya adalah “berpacu dengan waktu”. Maksudnya adalah Jika satu jam lagi adalah batas akhir mengumpulkan tugas. Maka sahabat memiliki 1 jam untuk menyelesaikannya. Nah dalam situasi tersebut berarti sahabat sedang “race against the clock”

6. Running late

Running late maksudnya adalah “datang terlambat”

I was running late for Math exam. (saya datang terlambat untuk ujian matematika)

7. Running out of time

Running out of time maksudnya kehabisan waktu. Jika sahabat mengerjakan ujian matematika dengan batas waktu 1 jam dan dalam 1 jam tersebut sahabat tidak menyelesaikanya semua karena waktunya habis, maka sahabat mengalami “running out of time”

Artikel Lainnya

Klasifikasi Makhluk Hidup dilihat dari Bahasa?
Bagaimana Makna Leksikal dalam Sosiolinguistik?
As, When, dan While
Arti Lagu Eta Terangkanlah
Relasi Kolokasi dengan Budaya
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi