Go

Perbedaan Penggunaan Study dan Learn

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 14th at 3:48am
Share :

Study dan learn memiliki makna yang sama di dalam bahasa Indonesia yaitu “belajar atau mempelajari”. Akan tetapi kedua kata kerja bahasa Inggris tersebut sebenarnya memiliki cara penggunaan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan penggunaan study dan learn dalam bahasa Inggris berikut ini.

1. Study

Study artinya adalah belajar atau mempelajari. Cambridge menjelaskan arti study dengan penjelasan “to learn about a subject, especially in an educational course or by reading books” yang artinya “mempelajari sebuah pelajaran, khususnya dalam lembaga pendidikan atau dengan membaca buku”. Oxford menambahkan lebih detail mengenai study dengan menambahkan “melakaukan penelitian atau berangkat ke sekolah dan kuliah”. Dari penjelasan ini kita bisa mengangkap penggunaan study adalah untuk belajar atau mempelajari suatu bidang tertentu, khusunya yang berada di sekolah atau kuliah. Dalam bahasa Inggris Amerika, kata study juga digunakan untuk mempelajari suatu pelajaran sebelum ujian. Sedangkan bahasa Inggris British menggunakan kata revise untuk mempelajari suatu pelajaran sebelum ujian.

a. I studied English at Oxford University. (Saya belajar bahasa Inggris di Universitas Oxford)

b. I have to study for tomorrow exam. (Saya harus belajar untuk ujian besok.)

c. She is studying hard at the moment. (Dia sedang belajar keras pada saat ini.)

2. Learn

Learn artinya juga “belajar atau mempelajari”. Cambridge menjelaskan arti learn dengan “to get knowledge or skill in a new subject or activity” “untuk mendapatkan pengetahuan atau keahlian dalam sebuah hal atau aktivitas yang baru”. Jadi learn kita gunakan ketika kita tengah mempelajari sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru tersebut dapat diperoleh melalui proses belajar, pengalaman, dan pengajaran yang dilakukan secara berulang-ulang. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Oxford bahwa learn adalah “to gain knowledge or skill by studying, from experience or from being taught; to read and repeat sth in order to be able to remember it”. Dari penjelasan Cambridge dan Oxford kita bisa mengetahui penggunaan learn di dalam bahasa Inggris. Learn digunakan untuk (1) mempelajari hal yang baru (2) mempelajari keterampilan atau pelajaran.

a. All children learn through play. (Semua anak belajar melalui bermain.)

b. She was learning Japanese culture. (Dia sedang mempelajari budaya Jepang.)

c. “Can she drive?” - “she is learning”. (“Bisakah dia menyetir?” - “Dia sedang belajar”)

Kesimpulan

  1. Study digunakan untuk belajar atau mempelajari suatu pelajaran, khususnya di sekolah atau di kampus. Dalam bahasa Inggris Amerika, study juga digunakan untuk belajar sebelum ujuan. Sedangkan bahasa Inggris British menggunakan istilah revise.

2.Learn digunakan untuk belajar atau mempelajari suatu hal yang baru. Jika study hanya untuk mempelajari pelajaran, sedangkan learn untuk belajar atau mempelajari banyak hal; bisa pelajaran, keterampilan, dan lainnya.

  1. Study umumnya menunjukan proses belajarnya. Sedangkan learn proses memahaminya. Oleh karena itu, orang yang belajar belum tentu memahami. “I studied but I didn’t learn anything”. “Saya belajar tetapi saya tidak memahami apapun ”

Artikel Lainnya

Ever
Chunks
Mengungkapkan Kepemilikan
Belajar Bahasa Jerman (Bagian 1)
Tenses & Aspect
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi