Go

Perbedaan Penggunaan Preposition dan Conjunction

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 18th at 11:54am
Share :

Sebenarnya di dalam Belajarbahasa.id sudah dibahas mengenai preposition dan conjunction secara lengkap. Sahabat bisa membaca penjelasan tentang preposition di sini dan conjunction di sini. Sekedar mengingatkan saja, preposition adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan antara dua objek di dalam kalimat sedangkan conjunction adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Pada artikel ini, saya akan membahas secara khusus perbedaan penggunaan preposition dan conjunction. Jadi preposition dan conjunction memiliki fungsi yang mirip yaitu sebagai kata yang menghubungkan antara satu kata dengan kata lain. Bedanya conjunction memiliki pernanan menghubungkan yang lebih luas dibandingkan dengan preposition. Preposition tidak bisa menggabungkan beberapa kalimat menjadi satu, tetapi conjunction bisa.

1. Preposition

Preposition pada dasarnya selalu berbentuk frasa yaitu frasa preposisi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan prepositional phrase. Jadi setelah preposition pasti diikuti oleh (frasa) kata benda atau kata ganti.

a. Her father has died since last year.

b. I don’t go to school because of bad weather.

c. I have been waiting for two hours.

Pada contoh di atas, since, because of, dan for merupakan preposition yang diikuti oleh frasa kata benda. Setelah preposition tidak kita temui sebuah subjek atau predikat.

2. Conjunction

Conjunction pada umumnya menghubungkan antar dua kalimat. Sedangkan preposition pada umumnya bagian dari kalimat tersebut.

a. Her father has died since the mount struck the village.

b. I don’t go to school because today is sunday.

c. I want to go to Bandung again for it is a wonderful place.

Since, because, dan for juga bisa termasuk sebuah conjunction. Bedanya adalah setelah since, because, dan for diikuti oleh sebuah deretan kata yang mengandung subjek dan kalimat atau yang biasa kita sebut sebagai klausa. Pada contoh di atas since, because, dan for adalah sama-sama berfungsi sebagai preposition dan conjunction. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan khususnya pada kata for memiliki perbedaan. Sebagai preposition for berarti “selama” sedangkan for sebagai conjunction pada kalimat di atas adalah berarti “karena”

Tidak semua preposisi bisa menjadi conjunction seperti pada since, because, dan for yang bisa menjadi preposition dan bisa menjadi conjunction. Preposisi in, on, dan at tidak bisa kita gunakan menjadi conjunction di dalam bahasa inggris. Begitu juga dengan conjunction seperti and dan or tidak bisa kita gunakan sebagai preposition.

Namun ada beberapa conjunction yang memiliki makna sama dengan preposition, tetapi dengan bentuk kata yang berbeda. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel di bawah ini:

No Conjunction Preposition
1. Because Because of
2. Although In spite of
3. While During
4. As if/ as though Like

Meskipun secara arti sama, tetapi penggunaan di dalam kalimat berbeda. Conjunction diikuti oleh subjek dan predikat sedangkan preposition diikuti oleh (frasa) kata benda/kata ganti.

I don’t go to school because today is sunday.

I don’t go to school because of the bad weather.

Artikel Lainnya

Have to
Beyond
Wait dan Wait For
Reported Speech: Direct & Indirect Speech
Ini Dia! Daftar Negara Persemakmuran Inggris: Commonwealth of Nations
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi