Go

Arti Lagu Eta Terangkanlah

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 7th at 9:02am
Share :

Sekarang ini sedang viral lagu 'eta terangkanlah' yang sebenarnya berasal dari lagu Opick yang berjudul khusnul khotimah. Begini versi asli milik Opick:

terangkanlah.. terangkanlah..

jiwa yang berkabut langkah penuh dosa

bila masa tlah tiada

kereta kencana datang tiba-tiba

Lagu versi Opick mengandung makna agar jiwa penulis yang penuh dengan dosa mendapatkan jalan yang lurus, mendapatkan sebuah hidayah agar ketika hidup telah berakhir meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Lalu muncullah lagu 'eta terangkanlah' sebagai pengisi dalam sebuah video yang berisi orang yang sedang berjoget dangdut yang diiringi lagu 'eta terangkanlah'. Begini lirik lagunya:

Eta terangkanlah… Eta terangkanlaahhh…

Eta jiwa yang berkabut

Eta yang penuh dosa

Ampunilah… ampunilaaah…

Ampunilah zikiri dosa mas Tono

Di dalam bahasa Sunda eta memilki arti itu. Pembuat lirik lagu 'eta terankanlah' menganggap orang yang sedang berjoget seperti orang yang sedang berdzikir, sehingga memohon kepada Allah agar ia diterangkan jiwanya, disadarkan atas perbuatannya. Oleh karena itu, jika ada orang sedang dimabuk joget, atau aktivitas yang salah lainnya, munculah kalimat 'eta terangkanlah' yang maksudnya "Ya Allah mohon dia disadarkan". Lagu 'eta terangkanlah' lalu muncul dalam berbagai bentuk, seperti ultramen yang sedang berjoget, Ria Ricis, dan berbagai bentuk jenis musik yang lainnya.

Artikel Lainnya

Anagram: Permainan Kata
Be About to
Small, Little, Tiny
Be Likely To
Culture as Text: Kebudayaan Sebagai Realitas dan Membentuk Realitas?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi