Go

Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Cortana Milik Microsoft

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 8th at 1:38pm
Share :

Apa itu Cortana?

Cortana adalah asisten virtual yang ada di dalam windows phone 8.1 dan windows 10. Cortana mirip dengan OK Google atau siri milik Iphone. Cortana memiliki keunggulan lebih dibanding ok google dan siri. Mengapa demikian? Saya telah mencoba cortana di windows 10 enterprise. Beberapa kelebihan Cortana dibanding OK Google dan siri yang paling terasa adalah cortana seperti bisa diajak berdialog secara natural. Coba saja sahabat menanyakan hal-hal umum what is your name? How old are you? Where do you live. Cortana akan menjawabnya secara natural. Sahabat juga bisa mengajukan pertanyaan yang lain seperti are you hungry? Atau do you love me? Sahabat akan tertawa karena cortana juga bisa membuat lelucon saat menjawab.

Untuk mengaktifkan cortana, sahabat harus terkoneksi dengan internet. Jangan lupa juga, sahabat tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa default komputer. Jangan mengganti bahasa di windows ke dalam bahasa Indonesia. Jika sahabat menggantinya ke dalam bahasa Indonesia maka fitur cortana pada windows 10 tidak bisa digunakan. Sahabat bisa memanggil/mengaktifkan cortana dengan mengucapkan “hey cortana” setelah itu akan ada bunyi dan diikuti perintah dari sahabat misalnya “open dictionary” “play music” “open facebook” “what is linguistics?” “who is Jokowi?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Cortana akan melakukan perintah suara yang sahabat berikan.

Memanfaatkan Cortana sebagai media untuk berlatih berbahasa Inggris

Ke depannya cortana sebenarnya bisa digunakan untuk berlatih kemampuan berbahasa di dalam banyak bahasa. Akan tetapi, cortana saat ini masih terbatas pada beberapa bahasa saja, terutama bahasa Inggris. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan cortana untuk berlatih atau mengecek kemampuan pronounciation kita. Bukan itu saja, cortana juga bisa membantu meningkatkan kemampuan listening kita. Kelebihan cortana yang bisa diajak berdialog inilah yang bisa kita manfaatkan untuk menggunakan bahasa Inggris kita secara baik dan benar. Jika kita menemukan kata-kata yang sulit, kita bisa juga menggunakan perintah “hey cortana…. Abondan in Indonesia” untuk menerjemahkan abondan ke dalam bahasa Indonesia. Di bawah ini beberapa foto screenshot penggunaan cortana yang sudah saya coba.

Selain manfaat di atas, Corana memiliki manfaat lainnya seperti yang terlihat di gambar di bawah ini, yaitu:

  • Memberi informasi berita yang sedang populer

  • Memberi informasi cuaca

  • Mengatur ataupun mengubah janji

  • Mengatur dan menunjukkan reminder

  • Memberi informasi tentang jadwal acara pengguna

  • Informasi tentang status penerbangan

  • Menunjukkan jalan/ map

  • Menunjukkan catatan

  • Mengatur dan menunjukkan alarm

  • Memberikan tips-tips penting

Artikel Lainnya

여기가, 거기가, 저기가 (di sini, di situ, di sana)
Perbedaan Bahasa Pada Anak-Anak, Remaja, dan Orang Dewasa
التَّعَارَفُ Ta’a:ruf (Berkenalan dengan bahasa Arab)
Apostrophe
Be, Been, dan Being
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi