Go

Perbedaan Kata, Leksem, leksikon, dan Leksikal

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 15th at 4:34am
Share :

Bisa dibilang kata dan leksem memiliki bentuk dan makna yang hampir sama. inilah yang membuat beberapa orang mengalami kesulitan dalam membedakannya. Secara sederhana kata adalah bagian terkecil dalam suatu bahasa yang memiliki makna dan dapat berdiri sendiri. Contoh kata adalah makan, minum, rumah. Dalam bahasa Inggris, kita mengenal book, apple, house, dan cat. Lalu apa bedannya dengan leksem? leksem adalah kata dasar yang mendasari berbagai bentuk kata, misalnya membunuh, dibunuh, dan terbunuh adalah kata-kata yang berasal dari leksem bunuh. dalam bahasa Inggris, kita akan menemukan kata playing, played, dan plays yang berasal dari leksem play.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa semua leksem sudah pasti sebuah kata, tetapi sebuah kata belum tentu sebuah leksem dasar.

Lalu apa perbedaan antara leksikon dan leksikal? leksikon adalah kumpulan kata. Kita bisa juga menyebutnya perbendaharaan kata. Leksikon juga bisa digunakan untuk merujuk pada perbendaharaan kata yang berada pada sebuah kamus, sedangkan leksikal adalah sesuatu yang berhubungan dengan leksikon/kamus tersebut, contohnya makna leksikal berarti makna kata yang berhubungan dengan kata yang ada di kamus, semantik leksikal berarti semantik yang berhubungan dengan makna kata yang ada di dalam kamus. Jadi bisa dibilang leksikal adalah bentuk kata sifatnya dari leksem/leksikon.

Untuk lebih memasitkan pengertian dari kata, leksem, leksikon dan leksikal tidak ada salahnya kita melihat definisi yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berikut ini:

Kata

  1. n unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa
  2. n ujar; bicara
  3. n Ling morfem atau kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas
  4. n Ling satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, terjadi dari morfem tunggal (misalnya batu, rumah, datang) atau gabungan morfem (misalnya pejuang, pancasila, mahakuasa)

leksem

  1. n Ling satuan leksikal dasar yang abstrak yang mendasari pelbagai bentuk kata
  2. n Ling satuan terkecil dalam leksikon; lema

leksikon

  1. n Ling kosakata
  2. n Ling kamus yang sederhana
  3. n Ling daftar istilah dalam suatu bidang disusun menurut abjad dan dilengkapi dengan keterangannya
  4. n Ling komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam bahasa
  5. n Ling kekayaan kata yang dimiliki suatu bahasa
  6. n Komp pemrograman, pengidentifikasi, kata kunci, konstanta, dan unsur-unsur lain dari bahasa yang membentuk kosakatanya

leksikal

  1. a Ling berkaitan dengan kata
  2. a Ling berkaitan dengan leksem
  3. a Ling berkaitan dengan kosakata

Artikel Lainnya

Kalimat Retoris: Pengertian, Fungsi dan Contohnya
Pola Kata Dasar dalam Bahasa Arab
Teks Report: Struktur, Tujuan, dan Ciri-Cirinya
as well (as), also, dan too
Tenses dalam Bahasa Korea - Future Tense (Part II)
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi