Go

Arti dan Penggunaan Kata Sumimasen (すみません) Dalam Bahasa Jepang

Ditulis oleh Lina Budiarti
Dipublikasikan pada August 8th at 11:07pm
Share :

Secara harfiah, sumimasen (すみません) memiliki arti "maaf". Lalu dalam kondisi seperti apa sajakah kata maaf ini diucapkan oleh orang jepang?

1. Melakukan kesalahan

Meminta maaf ketika melakukan kesalahan memang sesuatu yang umum dilakukan oleh setiap manusia diseluruh negara di dunia termasuk Jepang. Namun, terkadang orang Jepang akan meminta maaf ketika terjadi sesuatu hal yang salah, buruk, atau merugikan orang lain meskipun kesalahan itu bukan dia yang menyebabkannya. Misalnya, dalam sebuah kondisi kita sedang berdiri di suatu keramaian, dan tidak sengaja kita menginjak kaki seseorang, nah pada kondisi tersebut biasanya kita saja yang meminta maaf karena kita menginjak kakinya. Nah, namun hal ini berbeda dengan di Jepang. Umumnya, orang Jepang, ketika kita meminta maaf dan mengatakan “sumimasen”, maka orang tersebut akan meminta maaf juga. Yang mereka pikirkan adalah “saya juga minta maaf telah membuat anda menginjak sayaa”

Unik ya :D

2. Menerima kebaikan

Pada umumnya, ketika kita menerima kebaikan kita akan mengucapkan terima kasih. Orang Jepang juga berterima kasih, tapi cara menyampaikan terimakasih mereka cukup berbeda. Mereka akan mengucapkan maaf dahulu baru bilang terimakasih. Misalnya, kita memberikan sesuatu pada orang Jepang maka mereka akan mengatakan “Ah, sumimasen, Arigatou gozaimasu” yang artinya “Ah, maaf (sudah merepotkan) dan terimakasih banyak”.

Santun yaaa :D

3. Meminta bantuan

Ketika meminta bantuan, pada umumnya kita akan mengatakan “tolong ya, terima kasih”
Namun, ketika orang Jepang meminta bantuan, pada ucapan permintaanya akan ada tambahan kata “sumimasen”. Sehingga kalimatnya akan menjadi seperti ini, “Sumimasen, Yoroshiku onegaishimasu” yang artinya “ Mohon maaf, mohon bantuannya ya”. Ketika orang Jepang meminta bantuan, itu tandanya dia sudah tidak bisa melakukannya sendiri, sehingga seperti ada perasaan bersalah ketika meminta pertolongan orang.

Nah itu dia situasi dan kondisi ketika orang Jepang mengatakan sumimasen (すみません). Dari artikel ini kita dapat mengetahui bahwa budaya memberikan pengaruh yang sangat bersar ya terhadap penggunaan bahasa. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat belajar :D

Artikel Lainnya

Ungkapan Penanda Future Tense Selain Will, Shall, Dan Going To
Allow, Permit, Let
Apa Bahasa Inggrisnya "di"?
Get, Got, Gotten
Content atau Contents?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi