Go

Pengertian Semantik Leksikal

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 8th at 1:07pm
Share :

Sudah kita ketahui bahwa semantik adalah kajian mengenai makna. Lalu untuk mengkaji makna, kita bisa melihat makna leksikal dan makna gramatikalnya. Makna leksikal dikaji dalam semantik leksikal. Semantik leksikal dapat didefinisikan sebagai studi tentang arti kata, tetapi dalam praktiknya, semantik leksikal lebih sering berkaitan dengan studi tentang makna kata leksikal (isi) yang bertentangan dengan makna kata-kata gramatikal (fungsi). Semantik leksikal berkaitan dengan identifikasi dan representasi semantik item leksikal. Semantik leksikal (lexical semantics, word semantics) adalah semantik yang meneliti makna leksikal (lexical meaning, semantic meaning, external meaning).

Makna leksikal adalah makna satuan bahasa sebagai lambang benda, peristiwa, dan lain-lain yang terlepas dari penggunaan atau konteksnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (2008), makna berarti maksud pembicara atau penulis dan pengertian yang diberikan kepada sesuatu. Menurut Chaer (2002), makna leksikal adalah makna yang sesuai dengan referennya dan sesuai dengan observasi alat indra atau makna yang sungguh-sungguh nyata dalam kehidupan kita.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semantik leksikal adalah kajian semantik yang lebih memuaskan pada pembahasan sistem makna yang terdapat dalam kata. Makna leksem dalam kamus merupakan contoh penerapan semantik leksikal yang tepat karena makna leksem dalam kamus disesuaikan dengan deskripsi referennya. Jadi, Semantik leksikal memperhatikan makna yang terdapat di dalam kalimat kata sebagai satuan mandiri. Dalam semantik leksikal, akan dibahas konsep polisemi, sinonim, sinonim kognitif, antonim, hiponim, hipernim, idiom, kongruensi, kompatibilitas serta Inkompatibilitas yang merupakan komponen leksikal yang dapat dibandingkan berdasarkan hubungan semantik (Cruse, 2000).

Artikel Lainnya

Daftar Kosakata Berhubungan Dengan Material atau Zat di dalam bahasa Inggris
Perbedaan At last, Finally, In the End, At The End
Wait dan Wait For
Which, In Which, For Which, Of Which, From Which: Apa Bedanya?
School, College, dan University: Apa Bedanya?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi