Go

Apa Sebenarnya Arti Spoiler?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 18th at 10:48am
Share :

Sebenarnya apa arti dari spoiler? Kita sering menemukan kata ini ketika berhubungan dengan dunia perfilman. Perhatikan contohnya di bawah ini:

  1. Materi ini menyangkut spoiler film horor paling outstanding tahun ini.

  2. Kalau kamu sering gak sengaja nemu spoiler film yang belum sempat ditonton, ada tips nih buat kamu biar kamu bisa menghindari spoiler di YouTube

Mari kita lihat arti dari spoiler dari segi makna leksikalnya dalam beberapa kamus seperti Cambrdge, Longman, Worldweb, dan Collins, serta Oxford. Saya gabungkan semuanya dalam penjelasan di bawah ini:

SPOILER

  1. Bagian dari sayap pesawat terbang yang dapat dinaikkan untuk mengurangi aliran udara dan memperlambat kecepatan pesawat.

  2. Komponen pada mobil bagian belakang atas yang memengaruhi keseimbangan pada mobil khusunya pada jenis mobil balap.

  3. Seseorang atau sesuatu yang dimaksudkan untuk menghentikan seseorang /sesuatu yang sukses.

  4. Informasi atau bocoran yang diberikan tentang apa yang akan terjadi dalam film, serial televisi, dll yang mengungkapkan elemen kunci dari plot dan karenanya dapat merusak ketegangan dan kenikmatan seseorang yang belum tahu apa yang terjadi.

  5. Cerita koran, buku, dll. yang diproduksi dengan sangat cepat untuk menarik perhatian dari acara atau cerita yang diproduksi oleh pesaing yang muncul pada waktu yang sama.

  6. Seseorang yang memanjakan diri dengan kesenangan berlebihan.

  7. Seseorang yang mengambil rampasan atau penjarahan (seperti dalam perang).

  8. Seorang kandidat yang tidak memiliki peluang untuk menang, tetapi dapat menarik cukup suara untuk mencegah salah satu kandidat utama menang, misalnya pada kasus pilgub Jakarta adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Jadi jika ada orang sedang membicarakan spoiler suatu film, artinya dia sedang membocorkan isi film tersebut, dari alur hingga akhir. Apakah berakhir dengan kebahagiaan atau kesedihaan. Tidak heran jika spoiler pada akhirnya mengalami peyoratif karena umumnya pembocoran tersebut mengakibatkan orang lain tidak lagi tertarik untuk menonton (jika filmnya jelek). Namun, jika orang membicarakan spoiler mobil berarti itu adalah komponen mobil untuk menjaga keseimbangan seperti pada mobil-mobil balap.

Artikel Lainnya

Aba-aba dalam Bahasa Inggris
Asyiknya Belajar Bahasa Arab
Tenses dalam Bahasa Korea - Future Tense (Part II)
Ini Lho Contoh-Contoh Bahasa Inggris Informal-Slang
Daftar Kata Kerja yang Diikuti oleh Verb Ing (Verb + Verb Ing)
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi