Go

Perbedaan Near dan Nearby

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 15th at 5:31am
Share :

Jika kita membuka beberapa aplikasi ponsel pintar saat ini, ada beberapa aplikasi yang menawarkan mencari teman, mencari tempat makan, atau mencari tempat tertentu dengan mengaktifkan 'nearby'. Near dan nearby sama-sama digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang 'dekat' atau 'tidak jauh dari sini'. Lalu apa perbedaan antara near dan nearby?

1. Near

Near di dalam bahasa Inggris bisa menempati beberapa kelas kata, yaitu sebagai kata sifat, kata keterangan, kata depan, dan kata kerja. Maknanya sama semua yaitu 'dekat'. Pengaruhnya adalah di fungsi penggunaannya di dalam kalimat. Perhatikan contoh beberapa kalimat di bawah ini:

a. Where is the nearest hospital? (di mana rumah sakit terdekat? Nearest adalah bentuk superlatif dari kata sifat near)

b. She sits near a window. (dia duduk dekat sebuah jendela, near adalah kata depan sehingga bisa diikuti kata benda a window)

c. An accident happened somewhere near. (Sebuah kecelakaan terjadi di suatu tempat dekat, near sebagai keterangan sehingga bisa terletak di akhir kalimat)

d. our plane neared the airport (pesawat kami mendekat ke bandara, neared adalah kata kerja bentuk past dari near)

2. Nearby

Nearby juga bermakna 'dekat' atau 'tidak jauh dari sini'. Perbedaan antara near dan nearby terletak pada kelas kata. Jika near bisa menempat kelas kata adjektifa (kata sifat), verba (kata kerja), adverbia (kata kketerangan), dan preposisi (kata depan), nearby hanya menempati dua kelas kata saja, yaitu adjektifa dan adverbia.

a. There were complaints from nearby residents. (ada komplain dari penduduk dekat sini, nearby sebagai kata sifat, bisa terletak sebelum kata benda residents)

b. My car is parked nearby. (mobil saya diparkir dekat sini, nearby berfungsi sebagai kata keterangan)

karena nearby hanya bisa menempati dua kelas kata sebagai kata sifat dan kata keterangan, maka fungsi nearby sebagai kata kerja (bisa menjadi predikat kalimat) dan sebagai kata depan (bisa diikuti kata benda) tidak diperbolehkan di dalam kalimat, contoh:

Salah: Do you live nearby here?

Benar: Do you live near here?

Salah: We nearby the top of the hill.

Benar: We near the top of the hill.

Artikel Lainnya

That dan Those
Misteri Singkatan Pada Bagian - Bagian Komputer
Diminutives: -let, -y, dan mini-
Ini Dia! Daftar Negara Persemakmuran Inggris: Commonwealth of Nations
Tahu Perbedaan Have to dan Must? Ini dia Perbedaannya!
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi