Go

Paragraf Argumentasi: Pengertian dan Contohnya

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 18th at 10:52am
Share :

Dari asal katanya saja cukup jelas bahwa argumentasi berhubungan dengan argumen. Argumen berasal dari bahasa Inggris argument yang artinya adalah 'pendapat'. Oleh karena itu, paragraf atau kalimat argumentasi adalah paragraf yang dibangun berasal dari pendapat penulis untuk meyakinkan pembaca apa yang diungkapkan adalah benar sehingga pembaca memiliki pemikiran yang sama dengan penulis. Meskipun paragraf argumentasi berisi pendapat atau gagasan dari penulis, umumnya untuk meyakinkan pembaca, penulis menggunakan fakta-fakta yang ada untuk memperkuat pendapatnya.

Paragraf argumentasi umumnya ditulis melalui dua cara, pertama melalui penulisan sebab-akibat di mana penulis menulis sebab-sebab khusus atau umum terlebih dahulu kemudian baru ditulis akibat-akibat yang muncul dari sebab-sebab tersebut. Bisa juga dengan cara kedua yaitu akibat-sebab di mana penulis menyampaikan terlebih dahulu sebuah masalah lalu baru dijelaskan sebab-sebabnya. Di bawah ini contoh paragraf argumentasi dengan cara akibat-sebab di dalam bahasa Indonesia:

Beberapa orang yang pernah tinggal di kota Jakarta menyatakan merasa tidak betah tinggal di kota tersebut. Bahkan, umumnya mereka berusaha untuk tidak tinggal di kota ini. Bisa dimengerti mengapa mereka merasa tidak betah. Kota ini memiliki hawa yang panas. Tingkat kriminalitasnya juga relatif besar bila dibandingkan dengan kota setaranya, Surabaya dan Medan misalnya. Terdapat banyak rumah kumuh di pinggir sungai dan rel kereta api. Juga, kotanya terlalu besar dan terlalu macet, sehingga dari satu sudut kota ke sudut kota lainnya terlalu jauh. Itulah beberapa hal yang menyebabkan para pendatang tidak betah di kota ini.

Artikel Lainnya

Preposition
Perbedaan Makna Leksikal, Makna Gramatikal, dan Makna Pragmatis
25 Idiom Bahasa Inggris ini Akan Membuatmu Terlihat Lebih Mahir Berbahasa Inggris
Cara Penulisan Kata Majemuk (Compound) dalam Bahasa Inggris
A bit
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi