Go

Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, Paragraf Deduktif-Induktif, dan Paragraf Tersebar

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 18th at 11:51am
Share :

Untuk memahami topik pembicaraan dari suatu paragraf dapat kita lakukan dengan mengetahui kalimat utama dari masing-masing paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi poin utama atas apa yang ingin disampaikan oleh penulis dan biasanya dijelaskan dengan kalimat pendukung lainnya. Kalimat utama umumnya terletak di awal atau di akhir. Namun, memungkinkan juga letak kalimat utama ada di awal dan sekaligus di akhir, dan sedikit sekali yang kalimat utamanya tersebar di semua kalimat.

Menurut letak kalimatnya, paragraf dibagi menjadi lima jenis, yaitu (1) paragraf deduktif, (2) paragraf induktif, (3) paragraf deduktif-induktif, dan (4) paragraf tersebar.

A. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Kalimat utama di paragraf ini terletak di awal:

Purbalingga adalah kota yang kami cintai. Kota ini dikenal sebagai penghasil bulu mata dan knalpot kendaraan. Kota ini juga memiliki udara yang sangat segar, lebih sejuk dari kota lain yang sama besarnya di Indonesia. Selain itu, kota ini juga tempat kelahiran pahlawan nasional panglima Soedirman.

B. Paragraf Induktif

Paragraf induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf.

Kota Purbalingga dikenal sebagai penghasil bulu mata dan knalpot kendaraan. Kota ini juga memiliki udara yang sangat segar, lebih sejuk dari kota lain yang sama besarnya di Indonesia. Selain itu, kota ini juga tempat kelahiran pahlawan nasional panglima Soedirman. Tidak heran, Purbalingga adalah kota yang sangat kami banggakan.

C. Paragraf deduktif-induktif

Paragraf deduktif-induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal dan akhir

paragraf.

Purbalingga adalah kota yang sangat kami cintai. Kota ini dikenal sebagai penghasil bulu mata dan knalpot kendaraan. Kota ini juga memiliki udara yang sangat segar, lebih sejuk dari kota lain yang sama besarnya di Indonesia. Selain itu, kota ini juga tempat kelahiran pahlawan nasional panglima Soedirman. Tidak heran, Purbalingga adalah kota yang sangat kami banggakan.

D. Paragraf tersebar

Paragraf tersebar yaitu paragraf yang kalimat utamanya atau gagasan utamanya tersebar pada keseluruhan paragraf.

Tiba-tiba Kucing mengeong. Ekornya digerak-gerakan. Matanya sangat tajam. Bulunya masih bersih. Ia sangat suka meloncat-loncat. Jika lapar ia datang ke kandangnya. Jika sudah kenyang ia suka tidur di sembarang tempat.

Artikel Lainnya

Konjungsi Berpasangan dalam Bahasa Indonesia
Be Likely To
Noun Clause
Daftar Kata Kerja yang Diikuti oleh Verb Ing (Verb + Verb Ing)
Kenapa harus belajar bahasa Jerman?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi