Go

Past Subjunctive

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 22nd at 12:30am
Share :

Past Subjunctive

Seperti yang kita tahu ada tiga jenis subjunctive di dalam bahasa Inggris, yaitu present subjunctive, past subjunctive, dan past perfect subjunctive. Kali ini saya akan membahas secara khusus past subjunctive saja. Past subjunctive secara prinsip sama dengan penggunaan simple past tense. Hanya saja perbedaanya terletak pada bentuk verb be di mana pada simple past tense subjek she, he, dan it menggunakan was dan subjek I, they, dan we menggunakan were. Pada past subjunctive semua menggunakan were baik subjek tunggal maupun subjek jamak. Akan tetapi, itu hanya berlaku pada tulisan formal bahasa Inggris. Dewasa ini, penggunaan subjek she, he, idan it umumnya lebih sering menggunakan was dalam bahasa Inggris percakapan yang casual/ akrab.

Past subjunctive digunakan untuk klausa subordinat (biasanya setelah konjungsi if) untuk mengungkapkan situasi sekarang atau masa depan yang tidak nyata atau tidak mungkin.

(1) If I were you, I would apply right now. (Jika aku jadi kamu, aku akan melamar sekarang)

Fakta: I am not you.

(2) I wish you were here. (aku berharap dia ada di sini)

Fakta: You are not here

(3) It's time the kids were in bed.(inilah waktunya anak-anak di tempat tidur)

Fakta: The kids are not in bed.

Bentuk were yang digunakan untuk semua subjek di dalam past subjunctive berlaku setelah diawali dengan verba seperti wish dan suppose (misalnya, I wish he were here), setelah konjungsi seperti as if, if only, as, though, whether (misalnya, if I were you . . .), dan oleh frasa seperti would rather dan would that. (misalnya, would that he were still alive).

Artikel Lainnya

Ungkapan harapan atau keinginan dalam bahasa Korea
Perbedaan Boring dan Bored
Past Continuous Tense
Perubahan bentuk kata kerja dari bentuk kamus ke bentuk ~masu dalam bahasa Jepang
Present continuous Tense
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi