Go

Kosakata-Kosakata Gaul Anak Jakarta Selatan yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 22nd at 12:40am
Share :

Bahasa dan identitas itu ibarat seragam baju dan pemakai seragam itu sendiri. Kalau ada yang berseragam polisi besar kemungkinan dia juga adalah seorang polisi. Jadi di dalam bahasa juga seperti itu di balik penggunaan sebuah bahasa ada identitas pengguna bahasa. Sebagai anak muda, tentu identitas yang ingin dibangun adalah identitas orang yang berstatus sosial tinggi, penuh pengetahuan, dan menguasai bahasa asing.

Maka penggunaan bahasa gado-gado atau campur kode (code mixing) yang dilakukan oleh anak muda Jakarta selatan adalah strategi bahasa untuk identitas. Sebenarnya penggunaan campur kode di dalam bahasa memiliki beberapa sebab. Ada orang yang sengaja mencampur kode dengan alasan di bahasa yang digunakan tidak ada istilah yang pas atau belum ada. Misalnya, kita sering menggunakan istilah-istilah yang berhubungan dengan teknologi seperti thetering hotspot. Ada juga orang yang sengaja campur kode karena ada maksud dan tujuan yang mungkin disembunyikan agar tidak diketahui. Misalnya, orang tua yang sedang mengobrol dan tidak ingin anaknya tahu apa yang dikatakan. Biasanya pada kata-kata tertentu diganti. Apa yang terjadi pada anak gaul Jakarta Selatan adalah campur kode karena identitas. Mereka Ingin menunjukkan bahwa mereka adalah kaum yang terdidik, berpengetahuan luas, luas pergaulan, dan sejenisnya.

Lalu apakah kita perlu khawatir penggunaan campur kode ini? Tentu jelas tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mengapa? Setiap generasi selalu ada bahasa gaul yang berkembang dan digunakan saat itu. Namun, waktulah yang membuktikan bahwa umumnya bahasa gaul tersebut tidak akan bertahan terus-terusan. Jikapun masih digunakan itu hanya berlaku di percakapan informal. Tentu dulu pernah kita temui bahasa gaul seperti miapah (demi apa), enelan (beneran), dan lain sebagainya yang sekarang sudah tidak terdengar lagi penggunaannya.

Kosakata-kosakata gaul anak Jaksel

Sebenarnya di dalam bahasa Inggris, kata-kata yang digunakan anak Jakarta Selatan bukanlah bahasa gaul. Mengapa? Karena sebenarnya kata-kata tersebut adalah kata-kata dasar yang memang biasa mereka gunakan di dalam percakapan sehari-hari. Maknanya pun masih sama dengan makna leksikal di kamus. Mengapa terlihat gaul? Karena ada percampuran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di mana bahasa Inggris termasuk bahasa tinggi dan bahasa Indonesia termasuk bahasa rendah. Meskipun secara kenyataannya tidaklah demikian, tetapi di dalam benak pengguna bahasa telah menetapkan bahasa Inggris lebih tinggi dibanding bahasa Indonesia.

Berikut ini beberapa kosakata-kosakata yang digunakan oleh anak Jakarta Selatan yang berasal dari bahasa Inggris beserta artinya:

No. Contoh kosakata Arti
1 Literally Secara literal, secara harfiah
2 Basically Pada dasarnya
3 Prefer Lebih suka, lebih demen
4 Which is Yang mana, di mana
5 Better Lebih baik
6 Like – Unlike Seperti-tidak seperti
7 Hence Oleh karena itu, oleh sebab itu
8 Somehow Bagaimanapun
9 Figuratively Secara kiasan
10 Perhaps Mungkin
11 Normally Normalnya, secara normal
12 Seldom Jarang
13 Because Karena
14 Whatever Terserah
15 Whereas Sedangkan
16 Somehow Entah bagaimana
17 How Bagaimana
18 About Mengenai
19 End up Akhiri
20 The point is Pada intinya
21 Fuck Berengsek
22 While Sementara
23 That is Itu adalah
24 Not yet Belum
25 Confuse Membingungkan
26 Surely Pastinya
27 You know Kamu tahulah..
28 Attitude Sikap
29 Ever Pernah
30 Eye catching Enak dilihat

Artikel Lainnya

8 Cara Mengucapkan Selamat di dalam Bahasa Inggris
Apa Arti "Fuck" dan Mengapa di Kamus Tidak Ada?
Daftar Kata Kerja yang Boleh Diikuti Gerund dan to Infinitive
Whereas
Clause
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi