Go

Pola Kata Dasar dalam Bahasa Arab

Ditulis oleh DR. Tubagus Chaeru Nugraha
Dipublikasikan pada May 20th at 12:46am
Share :

ألم تَرَ كَيْفَ ضرب اللهُ مثلاً كلمةً طيبةً كشجرةٍ طيبةٍ

Dapatkah anda melengkapi vokalisasi (harakat) penggalan ayat tersebut di atas tanpa melihat mushaf Al-Qur’an? Alhamdulillah, bila berhasil, tandanya anda terbiasa membaca Al-Qur’an atau sudah memahami bahasa Arab (bA). Bayangkan, dulu ketika Al-Qur’an ditulis tanpa harakat, bahkan tanpa  titik. Kenapa orang bisa membaca bahasa Arab gundul? Tentu, karena telah memahami gramatika bahasa Arab, yaitu An-nahwu  was-sharf (tata kalimat dan tata kata).

Hal yang prinsip pada sharf antara lain الوَزْنُ /al-waznu/ ‘pola kata’. Pola kata dasar bahasa Arab berupa مَاض /ma:dhi/ ‘verba lampau ‘ yaitu فَعَلَ contohnya نَصَرَ  /nashara/ ‘telah menolong’; فَتَحَ /fataha/ ‘telah membuka’; dan عَلِمَ /’alima/ ‘telah mengetahui’. Kaidah pola dasar verba lampau bA  adalah K1K2K3-(ViV2V3) tersusun dari tiga konsonan dan 3 vokal, dalam istilah klasiknya  disebut FaعaLa. Perhatikan bagan di bawah ini:

المَوْزُوْنَ

فَتَحَ

نَصَرَ

عَلِمَ

Transliterasi

/Fa-Ta-Ha/

/Na-Sha-Ra/

/عa-Li-Ma/

K1K2K3 -(ViV2V3)

Fa-عa-La

Fa-عa-La

Fa-عi-La

 

Perhatikan dengan cermat pola kata dasar verba lampau (ma:dhi) bahasa Arab (bA). Ada tiga wazan, yaitu:  (1) Fa-عa-La, (2) Fa-عa-La, dan (3) Fa-عu-La. Coba lengkapi harakat kalimat berikut ini: حضر فاتح في الجامعة .  Ada tiga kemungkinan harakat  حضرanda akan menulis /HaDhaRa/, HaDhiRa/  atau HaDhuRa/. Oleh karena itu kita perlu mengingat pola dasar tersebut. Coba latihlah dengan bagan berikut ini:

 

Pola dasar

Beri harakat

Beri harakat

فَعَلَ

/ Fa-عa-La /

عبد

حضر

رقد

حصل

بدل

حكم

رسم

حشر

بلغ

حرس

رشد

جرث

فَعِلَ

/fa’ila/

عهد

أمن

علم

بلخ

عجب

أثم

عمل

فرح

فَعُلَ /fa’ula/

عمق

سهل

صلح

صغر



Artikel Lainnya

Of
Perbedaan antara Toefl dan IELTS
Tenses dalam Bahasa Korea - Future Tense (Part I)
Talk with vs Talk to
Causative Verb
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi