Go

Pengertian, Unsur, dan Jenis Opini

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 28th at 7:25am
Share :

Pengertian, Unsur, dan Jenis Opini

KBBI daring mengartikan opini sebagai ‘pendapat’, ‘pikiran’, atau ‘pendirian’. Dari kata kunci ini, kita bisa mendefinisikan opini sebagai buah pikiran atau pendapat seseorang dalam merespon suatu hal yang umumnya terjadi di masyarakat. Buah pikiran tersebut tentu bisa benar dan bisa pula salah. Hal ini dikarenakan opini hanyalah pendapat dari seseorang dengan bermodal pengalaman dan pengetahuan yang ia miliki. Oleh karena itu, opini antara satu orang dengan orang lain sangat mungkin bertentangan. Sebagai contoh, opini mengenai revisi UU KPK yang menunjukan dua pendapat yang berbeda. Ada yang mendukung revisi UU KPK dan ada pula yang secara tegas menolak revisi tersebut dengan segala argumen yang dimiliki. Oleh karena itu, opini yang terjadi dianggap sebagai jawaban lisan individu yang memberi respon atau tanggapan terhadap situasi atau keadaan tertentu.

Lalu apa saja unsur-unsur opini? Setidaknya ada tiga unsur dalam suatu opini, yaitu:

  1. kepercayaan akan suatu hal

Kepercayaan ini diperoleh melalui pengalaman di masa lalu. Nilai kepercayaan dapat dipengaruhi oleh Agama, Politik, Budaya, dan lain-lain. Oleh karena itu, pengalaman yang berbeda tiap orang mengakibatkan opini orang juga bisa berbeda-beda.

  1. sikap

Sikap merupakan respon kita menyikapi suatu peristiwa. Oleh karena itu, opini seseorang dapat menyanggah atau membenarkan suatu informasi atau suatu kejadian.

  1. persepsi

Persepsi adalah proses seseorang mengetahui melalui pancainderanya. Satu kejadian yang sama memungkinkan dipersepsikan berbeda.

Ada beberapa jenis opini, yaitu:

  1. opini pribadi/individu

Opini pribadi adalah pendapat yang berasal dari indivindu yang tidak terpengaruh oleh pendapat orang lain.

  1. opini kelompok

Opini kelompok adalah opini yang berasal dari kelompok tertentu, misalnya dari kalangan minoritas atau mayoritas, kelompok pengguna mobil dan pengguna transportasi umum.

  1. Opini publik

Opini publik adalah opini yang dihasilkan setelah berdiskusi dengan orang lain.

  1. opini umum

Opini umum adalah opini yang terjadi ketika masyarkatat memiliki pandangan yang sama. Misalnya, terkait minuman keras yang harus diberantas dalam masyarakat.

Opini bisa disampaikan melalui tulis atau lisan. Bagian awal surat kabar umumnya berisi opini dari pembaca dalam merespon kejadian di dalam masyarakat.

Artikel Lainnya

KONBA (konjugasi verba) bahasa Perancis
With
(이) 세요 dan (으) 세요 (Partikel Untuk Rasa Hormat)
Dare
Penyebab Terjadinya Homonimi dalam Sebuah Bahasa
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi