Go

Kapan Menambahkan Akhiran -less dan -free dengan Adjektiva dalam Bahasa Inggris?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada July 6th at 8:46am
Share :

Kapan Menambahkan Akhiran -less dan -free dengan Adjektiva dalam Bahasa Inggris?

Akhiran/sufiks -less dan -free menandai makna bahwa setiap kali kita membentuk kata sifat dengan menambahkan sufiks -less atau -free, kata tersebut menggambarkan sesuatu yang tidak memiliki atau tidak terpengaruh oleh hal yang disebutkan.

a. This chewing gum is sugarless.

b. This chewing gum is sugar-free.

Kedua kalimat tersebut sama-sama bermakna ‘Permen karet ini tidak mengandung gula’. Umumnya kategori makanan di dalam bahasa Inggris sama-sama bisa menggunakan akhiran -less dan -free seperti pada contoh sugarless dan sugar-free. Namun, lebih banyak kata di dalam bahasa Inggris yang tidak bisa menggunakan kedua akhiran tersebut secara bersamaan. Pillihanya adalah menggunakan akhiran -less atau akhiran -free saja.

a. Homeless people bukan home-free people.

b. Heartless bukan heart-free.

c. Endless bukan end-free.

Jikapun ada kata yang bisa ditambahkan oleh -free dan -less, maknanya biasanya berbeda. Misalnya terdapat pada kata careless dan carefree. 'Careless' adalah seseorang yang tidak terlalu peduli dengan apa yang dia lakukan, sedangkan 'carefree' adalah seseorang yang tidak memiliki kekhawatiran.

Perbedaaan antara -less dan -free barangkali dapat kita bedakan dengan memahami maknanya. Apakah bermakna konotasi negatif atau berkonotasi positif. Kata dengan akhiran -less lebih bermakna konotasi negatif, sementara -free lebih berkonotasi positif.

Artikel Lainnya

Used to
Mengenal Jenis-Jenis Tenses Secara Garis Besar
Noun Clause
Cara Membedakan Penggunaan Either dan Neither
Cara Paling Mudah Membedakan in, on, dan at
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi