Go

Pengertian Kamus Menurut Para Ahli Bahasa

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada November 14th at 3:11am
Share :

Secara etimologi, kata kamus berasal dari kata dalam bahasa Arab, yaitu qamus (bentuk jamaknya qawamus). Definisi kamus yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, yaitu sebagai berikut.

  1. Kridalaksana menyebutkan bahwa kamus adalah buku referensi yang memuat daftar kata atau gabungan kata dengan keterangan mengenai pelbagai segi maknanya dan penggunaannya dalam bahasa, biasanya disusun menurut abjad.
  2. Dalam American Every Dictionary disebutkan bahwa kamus adalah sebuah buku berisi kata-kata dari sebuah bahasa, biasanya disusun secara alfabetis, disertai keterangan akan artinya ucapannya, ejaannya, dan sebagainya.
  3. Labrousse (1977) menyebutkan bahwa kamus adalah buku berisi kumpulan kata-kata sebuah bahasa yang disusun secara alfabetis diikuti dengan definisi atau terjemahannya dalam bahasa lain.
  4. Keraf (1984) mendefinisikan kamus sebagai sebuah buku referensi, memuat daftar kata-kata yang terdapat dalam sebuah bahasa, disusun secara alfabetis, disertai keterangan cara menggunkan kata itu.
  5. C.C Berg dalam buku Manual of Lexicography mendefinisikan kamus adalah satu daftar yang disusun secara sistematis tentang bentuk-bentuk linguistik dari kebiasaan ujaran sebuah masyarakat ujaran.

Definisi ini mengenai bentuk/ jenis utama kamus yang berurusan dengan makna leksikal. Berdasarkan pengertian kamus yang dikemukakan oleh beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Kamus termasuk buku referensi yang berisi kata-kata atau gabungan kata dari suatu bahasa;
  2. Kata-kata tersebut disusun secara alfabetis;
  3. Kata-kata tersebut diberi keterangan tentang makna dan penggunaannya;
  4. Kata itu selain diberi keterangan maknanya, juga diberi keterangan tentang ucap
  5. annya, ejaannya, dan pelbagai hal lain;
  6. Keterangan tentang makna itu diberikan juga dalam bahasa lain;

Pengertian kamus seperti yang disebutkan oleh para ahli di atas, belum mendeskripsikan konsep sebuah kamus yang ideal. Oleh karena itu, di dalam sebuah kamus yang ideal sepatutnya diberikan juga keterangan tentang pemenggalan kata, informasi tentang asal-usul kata, informasi tentang baku dan tidaknya sebuah kata, informasi tentang kata-kata arkhais dan juga klasik, informasi tentang area penggunaan kata, informasi tentang status sebuah kata, dan berbagai informasi lainnya.

Artikel Lainnya

False atau Wrong
Kapan Sebaiknya Mengajari Bahasa Inggris Kepada Anak?
Susah membedakan Jenis-jenis Tenses? Coba Pelajari Lewat Tabel Berikut ini!
Kalimat Ajakan Bahasa Korea
Perbedaan Penggunaan Hear dan Listen
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi